Pemeriksaan Medis Trump Jadi Viral, Ternyata ini Penyebabnya

Laporan mengenai kondisi fisik presiden ini mendapat banyak perhatian setelah muncul pertanyaan mengenai kesehatan mental Trump dan dietnya.

Pemeriksaan Medis Trump Jadi Viral, Ternyata ini Penyebabnya
MANDEL NGAN/AFP
Presiden Amerika Serikat Donald Trump 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden AS secara rutin menjalani pemeriksaan kesehatan fisik. Hal ini bukanlah hal yang luar biasa. Namun, hasil pemeriksaan medis Donald Trump baru-baru ini telah memicu teori konspirasi online - gerakan girther.

Menurut laporan medis resmi, yang dikeluarkan oleh Gedung Putih pada 16 Januari, Presiden Trump memiliki tinggi 75 inci (1,9 m) dan berat 239 lb (108kg).

Tapi gerakan girther, yang terutama didorong oleh kelompok pengkritik presiden, mengemukakan Trump lebih pendek dan lebih berat daripada yang disebut pada laporan tersebut.

Laporan mengenai kondisi fisik presiden ini mendapat banyak perhatian setelah muncul pertanyaan mengenai  kesehatan mental Trump dan dietnya yang tidak sehat.

Ada lebih dari 56.000 tweet tentang gerakan girther sejak 16 Januari lalu, dengan salah satu tweet pertama menggunakan istilah girther yang diposting oleh komentator politik Chris Hayes.

Salah satu tweet girther paling populer adalah foto yang menunjukkan surat izin mengemudi Trump yang mencantumkan tinggi badan presiden 6ft 2in (1,88 m), satu inci lebih pendek dari yang dilaporkan oleh dokter Gedung Putih.

Pengguna media sosial lain mempertanyakan independensi dokter yang mengawasi pemeriksaan medis Trump. Dr Ronny L Jackson adalah dokter Presiden Trump saat ini dan mengawasi dua pemeriksaan medis mantan Presiden Obama.

Dalam sebuah konferensi pers, Dr Jackson mengatakan Trump memiliki "gen yang luar biasa" dan jika dia mengkonsumsi makanan yang lebih sehat selama 20 tahun terakhir, Trump mungkin hidup sampai usia 200.

Wakil direktur Galaxy James Gunn menggunakan hashtag #girther untuk menawarkan sumbangan sebesar US$ 100.000 AS untuk amal jika presiden setuju untuk diperiksa kembali oleh dokter yang berbeda.

Saat sebagian besar diskusi online merasa skeptis terhadap klaim yang dibuat dalam laporan medis presiden, beberapa orang membela Trump dan membantah gerakan girther.

Halaman
12
Editor: Try Sutrisno
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved