Calon Kepala Daerah tak Sehat, Parpol Wajib Siapkan Cadangan

Rahma Zakawerus mengatakan, bila ada calon yang tak memenuhi syarat dari sisi kesehatan makan parpol wajib mengusulkan pengganti.

Calon Kepala Daerah tak Sehat, Parpol Wajib Siapkan Cadangan
TRIBUNMANADO/DAVID MANEWUS
Para calon kepala daerah saat mengikuti pra pemeriksaan kesehatan di RSUP Prof RD Kandou Manado, Jumat pekan lalu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Komisi Pemilihan Umum Bolaang Mongondow Utara (KPU Bolmut) tak akan mengumumkan hasil pemeriksaan calon kepala daerah ke publik.

Menurut Max Takumansang, Divisi Perencanaan Keuangan dan Logistik KPU Bolmut, hasil pemeriksaan kesehatan yang berlangsung di RSUP Prof RD Kandou, Manado akhir pekan lalu, sifatnya rahasia.

"Diserahkan hari ini. Didahului dengan rapat," ujar Max di kantor KPU Bolmut, kemarin.

Rapat katanya dimulai pukul 10.00 WITA yang selanjutka diserahkan hasil pemeriksaan kesehatan calon. "Hasil itu diterima KPU Bolmut Faisal Husin," ujarnya.

Ia mengatakan KPU Bolmut menerima hasil secara keseluruhan. Sementara, pribadi calon hanya menerima per item pemeriksaan.

Sebelumnya, Senin (15/1), humas KPU Bolmut ini mengatakan hasil itu akan diplenokan interen. Hasil pleno merupakan satu bagian syarat penetapan.

"Yang lain ialah hasil verikasi faktual. Yaitu syarat pendaftaran bakal calon yang sudah disahkan," ujarnya. Semua syarat akan mempengaruhi penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Bolmut yang direncanakan digelar Senin 12 Februari 2018 nanti.

Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Talaud, Rahma Zakawerus mengatakan, bila ada calon yang tak memenuhi syarat dari sisi kesehatan makan parpol wajib mengusulkan pengganti.

"Jika ada calon tidak memenuhi syarat menurut rekomendasi IDI, kami akan menyurat ke parpol pengusung untuk melakukan penggantian calon. Itu Kalau ada, mudah-mudahan sehat semua" lanjutnya.

Setelah itu menurut Zakawerus, mulai tanggal 18-20 Januari bakal diberikan waktu untuk perbaikan berkas bagi yang berkasnya belum lengkap.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved