Pecat ASN Mantan Napi

NEWS ANALISIS - Jefry Paat:  Kembalikan yang Bukan Jadi Hak

Pemberhentian sangat penting untuk menjamin berjalannya pemerintahan lebih baik dan bersih kedepan baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

NEWS ANALISIS - Jefry Paat:  Kembalikan yang Bukan Jadi Hak
net
Jefry Paat 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -   Seluruh pemerintah daerah yang ada di Sulawesi Utara baiknya melaksanakan perintah undang-undang, untuk segera melakukan pemberhentian dengan tidak hormat jika masih ada Aparatur Sipil Negara (ASN) eks napi yang ternyata masih bertugas.

Pemberhentian sangat penting untuk menjamin berjalannya pemerintahan lebih baik dan bersih kedepan baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Pemberhentian dengan tidak hormat tentu harus dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Misalnya, jika ASN terlibat dalam tindak pidana korupsi, harus dipastikan kasusnya telah memiliki putusan yang berkekuatan hukum tetap.

Pemerintah daerah tak boleh membiarkan ASN eks napi menikmati semua fasilitas Negara, mulai dari gaji, tunjangan, dan lainnya.

Sebab, fasilitas dari Negara itu bukan menjadi haknya. Artinya, ketika sudah diberhentikan nati, fasilitas yang pernah diterima dan dinikmatinya setelah menjadi eks napi, harus dikembalikan lagi kepada Negara.

Jika pemerintah daerah sesuai kewenangannya tak melakukan pemberhentian dengan tidak hormat sesuai perintah undang-undang bagi ASN eks napi korupsi dalam waktu yang cepat.

Maka hal itu menimbulkan tanda tanya besar atau kecurigaan besar ditengah masyarakat. Misalnya, bisa saja alasan belum diberhentikan, bukan karena tak paham dasar hukumnya, tapi karena pimpinan atau rekan kerja lainnya takut terseret dalam persoalan yang sama.

Sebab harus diingat, biasanya praktek korupsi memang tidak dilakukan sendirian oleh seseorang, tapi secara bersama-sama atau saling terkait satu sama lain dalam satu instansi.

Makanya kini pemerintah daerah perlu memberikan bukti kepada masyarakat. Jika ada ASN yang sesuai ketentuan perundang-undangan tak memenuhi syarat lagi, maka harus diberhentikan segera.

Tak hanya terlibat korupsi, tapi juga bagi mereka yang tak disiplin dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab yang diberikan oleh Negara.

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help