TribunManado/

Tak Banyak yang Tahu! Ternyata Berenang Bisa Mengobati Sakit Punggung

Untuk sakit punggung kronis, dokter biasanya meresepkan obat-obatan, seperti ibuprofen atau obat dosis kuat seperti codeine hingga hydrocodone.

Tak Banyak yang Tahu! Ternyata Berenang Bisa Mengobati Sakit Punggung
SolisImages
Ilustrasi berenang 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bila pernah mengalami sakit punggung, kamu pasti tahu rasa nyerinya. Jangankan melakukan kegiatan sehari-hari, menggerakkan badan sedikit saja bisa sangat sulit.

Bahkan kadang, rasa sakit punggung bawah bisa menjalar hingga ke daerah paha dan betis.

Untuk sakit punggung kronis, dokter biasanya meresepkan obat-obatan, seperti ibuprofen atau obat dosis kuat seperti codeine hingga hydrocodone.

Di samping terapi obat, kita sebenarnya juga bisa meredakan sakit punggung dengan berolahraga ringan.

Salah satu jenis olahraga yang dipercaya ampuh mengatasi gejala sakit punggung adalah berenang. Namun, seberapa aman berenang kalau punya sakit punggung?

Pada dasarnya, olahraga merupakan salah satu pilihan untuk mengobati atau mengurangi gejala sakit punggung bawah kronis.

Dengan berolahraga, kita melatih dan memperkuat otot-otot sekaligus memperbaiki postur tubuh, yang diharapkan bisa mempercepat proses pemulihan.

Berenang menjadi salah satu pilihan olahraga terbaik untuk mengatasi nyeri kronis.

Menurut sebuah studi di Jepang, orang-orang yang memiliki sakit punggung bawah kronis yang rutin berenang dua kali seminggu menunjukkan perbaikan gejala yang cukup besar dibandingkan mereka yang renang sekali seminggu atau tidak pernah berenang sama sekali.

Penelitian lain dari Cina dan dari Amerika Serikat yang dimuat dalam American Journal of Lifestyle Medicine, juga mengatakan hal yang sama.

Halaman
123
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help