PNS Terlibat Kasus, Kepala BKN: Berhentikan Sementara

PNS yang sudah ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan oleh penyidik juga bisa diberhentikan.

PNS Terlibat Kasus, Kepala BKN: Berhentikan Sementara
TRIBUNMANADO/WARSTEF ABISADA
English Nainggolan 

Laporan wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Tak  hanya PNS aktif yang pernah menjadi narapidana  korupsi yang harus diberhentikan dari tugasnya, tapi PNS yang sudah ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan oleh penyidik juga bisa diberhentikan.

Tapi, proses pemberhentian tidak dilakukan permanen, namun hanya sementara saja hingga ada keputusan tetap dari pengadilan.

‘’PNS yang sudah ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan oleh aparat penegak hukum karena diduga terlibat dalam kasus korupsi, harus diberhentikan sementara oleh pimpinan daerah. Jadi, tak pemberhentian tak hanya berlaku bagi PNS aktif yang pernah menjadi napi saja,’’ jelas English Nainggolan, Kepala Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Manado, Kamis (11/01/2017).

PNS yang diberhentikan sementara menurut Nainggolan, hanya diberikan gaji sebesar 50 persen dari gaji pokoknya setiap bulan.

‘’Jika nantinya yang bersangkutan terbukti tak bersalah berdasarkan putusan tetap pengadilan, maka selisih gajinya akan dibayar oleh pemerintah. Tapi, jika bersalah, maka gaji 50 persen yang terlanjur diberikan, tak akan dituntut kembali. Sebab, setelah itu, harus diproses pemberhentian secara tidak hormat oleh pembina kepegawaian di daerah,’’ katanya.

Di sejumlah daerah, banyak PNS yang kini sudah menjadi tersangka dan ditahan oleh aparat penegak hukum. Jadi, baiknya diberhentikan sementara, agar tak menimbulkan kerugian bagi daerah.

‘’Setelah ditahan dan jika PNS aktif nantinya terbukti bersalah, maka yang bersangkutan tak akan menerima hak pensiun yang diberikan oleh Negara, sebab diberhentikan dengan tidak hormat,’’ tukas Nainggolan

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help