Pecat ASN Mantan Napi

(News Analyisis) Ferry Liando: Harus Tegakkan Aturan

Adanya 83 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sulawesi Utara (Sulut) yang telah dijatuhi hukuman penjara dan mantan narapidana.

(News Analyisis) Ferry Liando: Harus Tegakkan Aturan
ist
Ferry Liando 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Adanya 83 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sulawesi Utara (Sulut) yang telah dijatuhi hukuman penjara dan mantan narapidana.

Dosen FISIP Unsrat,Ferry Linado mengatakan jangan salahkan napi ASN, melainkan pejabat yang diberi kewenangan mengeksekusi pemecatan itu.

Dicari tahu apa penyebab mereka belum dilakukan pemecatan. Padahal Harus ada pengungkapan ke publik.

Hal ini karena Undang Undang Nomor 14 tentang Informasi Publik dengan tegas menjelaskan lembaga atau institusi publik wajib secara terbuka memberikan penjelasan terkait sesuatu hal yang sifatnya perlu di ketahui publik.

Jika aturan sudah secara tegas, namun jika pejabat yang mengeksekusi itu lalai melakukannya, tanggung jawab sepenuhnya ada pada pejabat itu

Selain itu, ada beberapa kemungkinan para napi itu tidak di eksekusi, pertama, kurang koordinasinya institusi-institusi yang terkait. Bisa jadi napi ASN itu tetap menerima gaji atau tunjangan-tunjangan lain.

Kedua, tidak ada ASN lain yang mengganti keterampilan khusus yang dimilikinya. Kemudian ketiga Napi ASN itu kemungkinan memiliki hubungan emosional degan atasan sehingga tetap dilindungi. Hubungan itu bisa saja pertemanan, saudara atau lainnya.

Kelima, bisa jadi ASN napi itu punya jasa-jasa politik saat Pilkada sehingga terbelah sulit untuk diberhentikan. 

Penulis: Herviansyah
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help