ASN yang Telah Dijatuhi Hukuman, Ralfi Pinasang: Harus Segera Ditindak

ASN di tingkat Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota yang telah dijatuhi hukuman penjara karena melakukan tindakan pidana korups

ASN yang Telah Dijatuhi Hukuman, Ralfi Pinasang: Harus Segera Ditindak
IST
Dr Ralfie Pinasang, Dosen Fakultas Hukum Unsrat Manado 

NEWS ANALYSIS
Ralfi Pinasang
Dosen Hukum Unsrat

APARATUR Sipil Negara (ASN) di tingkat Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota yang telah dijatuhi hukuman penjara karena melakukan tindakan pidana korupsi namun masih aktif, harus segera diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hal ini karena ada sanksi yang melekat pada ASN jika melakukan pelanggaran hukum segera diproses. Apalagi sebagai ASN harus taat azas.

Apalagi disetiap daerah terdapat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang mengurus mengenai ASN. Sehingga jika ada yang melanggar hukum apalagi korupsi, jika telah mendapat kekuatan hukum tetap bisa diberikan sanksi, jika telah berkekuatan hukum tetap.

BKD wajib memberitahukan kepala daerah untuk memberi sanksi tegas sesuai peraturan kepada ASN yang telah menjadk terpidana.

Hal ini jika tidak, sebagai atasan justru akan mendapatkan sanksi. Hal ini tersebut karena merupakan amanat dari Undang-Undang, sehingga harus dilaksanakan.

Namun biasanya putusan pengadilan yang telah mendapatkan kekuatan tetap biasanya untuk keputusan pengadilan prosesnya lama. Hal tersebut yang biasanya menjadi peluang.

Untuk itu BKD yang mengurusi hal tersebut harus pro aktif atau jemput bola. Agar kepurusannya bisa cepat ditindaklanjuti. (erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved