TribunManado/

Salut! Tak Hanya Pintar Berpolitik, Bupati H2M juga Sukses Bertani

Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu, telah merencanakan kesuksesan hari tuanya dengan bertani tanaman cokelat

Salut! Tak Hanya Pintar Berpolitik, Bupati H2M juga Sukses Bertani
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Bupati Bolsel Herson Mayulu saat mengunjungi perkebunan coklatnya di Desa Lungkap, Kecamatan Pinolosian. 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu (H2M), telah merencanakan kesuksesan hari tuanya dengan bertani tanaman cokelat dan komoditi tahunan lainnya.

Pada hari Kamis (11/1/2917), H2M didampingi Wakil Bupati Iskandar Kamaru, berkunjung ke kebunnya di Desa Lungkap, Kecamatan Pinolosian, memantau tanaman coklat berumur 17 bulan yang sudah mulai berbuah.

Oku, sapaan akrab Bupati dua periode ini menuturkan, apa yang dilakukan olehnya adalah sebagai contoh bagi masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong dijadikan sebagai kebun produktif.

"Ini contoh kepada para Sangadi (Kepala Desa), Pemuda, dan PKK untuk menggali potensi pertanian melalui anggaran desa," ucapnya.

Potensi pertanian di Bolsel dinilai sangat menjanjikan. Untuk itu diharapkan bagi para Sangadi memiliki ide segar dalam pemberdayaan masyarakat desa melalui aktifitas menanam seperti ini.

Sehingga perekonomian masyarakat bertumbuh sebagaimana yang diharapkan, kemudian bekerja sama pengelolaannya melalui Badan Urusan Milik Desa (BUMDes).

"Kegiatan menanam harus digalakkan oleh seluruh elemen masyarakat, alam kita subur," ujar Bupati mengajak.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Setdakab Bolsel, Ahmadi Modeong, menuturkan tanaman coklat akan berbuah setelah ditanam dalam waktu dua tahun.

"Panen besar akan dilakukan pada bulan Maret dan April sebanyak 10 ribu pohon," ujarnya.

Petani coklat diharapkan akan menjadi petani sukses di tanah Totabuan bagian selatan, karena tekstur tanahnya sangat cocok untuk beberapa komoditi unggulan termasuk cengkeh dan pala.

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help