TribunManado/

India Luncurkan Mobil Paling Murah di Dunia

Tata Nano memang benar-benar mobil murah karena hanya dibanderol dengan harga 2.500 dolar AS atau Rp 33,5 juta per unitnya.

India Luncurkan Mobil Paling Murah di Dunia
Wikipedia
Tata Nano, mobil paling murah di dunia 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hari ini 10 tahun lalu, tepatnya pada 10 Januari 2008, di New Delhi Auto Expo, Tata Motors memperkenalkan Tata, yang diklaim sebagai mobil termurah di dunia.

Tata Nano memang benar-benar mobil murah karena hanya dibanderol dengan harga 2.500 dolar AS atau Rp 33,5 juta per unitnya.

Tata, perusahaan otomotif terbesar di India, menyebut mobil empat pintu berukuran lebar 1,5 meter dan panjang 3 meter itu sebagai "mobil rakyat".

Tata juga mendaulat harga mobil itu bisa dijangkau keluarga-keluarga yang sebelumnya tak mampu membeli mobil.

Awalnya, Tata Nano dijadwalkan mulai dilempar ke pasaran pada Oktober 2008, tetapi rencana itu tertunda karena sengketa tanah di Bengal Barat, tempat pabrik mobil itu akan dibangun.

Akhirnya, Tata memilih memindahkan fasilitas produksinya ke tempat lain dan Nano akhirnya secara resmi dijual di seluruh negeri itu pada April 2009.

Model paling dasar mobil mini itu dihargai hanya Rp 26 juta sebelum dikenakan pajak. Namun, model ini tanpa dilengkapi radio, AC, kantung udara, power steering atau power windows.

Badan mobil ini terbuat dari plastik yang dilapis logam dan memiliki mesin belakang dua silinder berkapasitas 624 cc dan berkekuatan 32 tenaga kuda.

Berapa kecepatan mobil super murah ini? Tata Nano bisa melaju dengan kecepatan hingga 104 kilometer per jam.

Begitu diluncurkan, Tata langsung mendapatkan 203.000 pesanan, sebuah angka yang luar biasa di negara dengan level sembilan mobil untuk 1.000 orang itu.

Halaman
12
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help