Hebat! Generasi Muda Diajak Bertani oleh Pemda Bolsel

Pemda Bolses mengajak generasi muda untuk belajar bertani mengingat semakin berkembangnya zaman

Hebat! Generasi Muda Diajak Bertani oleh Pemda Bolsel
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Wabup Iskandar Kamaru didampingi ASN di kecamatan Pinolosian Tengah. 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

MOLIBAGU, TRIBUNMANADO.CO.ID - Generasi muda di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), diajak oleh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk giat bertani.

Hal tersebut dilontarkan oleh Wakil Bupati Iskandar Kamaru saat berkunjung ke kawasan perkebunan Iangkut Desa Matandoi Selatan, Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim), Kamis (11/1).

Mengingat semakin berkembangnya zaman, sebagian besar generasi muda mulai tidak tertarik dan meninggalkan aktifitas yang digeluti oleh para nenek moyang.

"Manfaatkan lahan tidur, bentuk kelompok tani yang berisi anak muda," ujar Kamaru yang dihadiri oleh para Sangadi (Kepala Desa) se-Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim).

Pemda akan memberikan penghargaan bagi desa yang mampu berkembang dan berinovasi, dengan masing - masing potensi pertaniannya.

"Jika digeluti dengan baik maka akan sukses," ujarnya.

Dicontohkannya tanaman cokelat yang diminta digalakkan oleh para Sangadi memanfaatkan lahan tidur yang berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dimana untuk pembiayaannya bisa dialokasikan dari dana desa, dan hasilnya dikelola oleh Badan Urusan Milik Desa (BUMDes).

"Awal tahun ini kami akan sosialisasikan," ujarnya.

Senada diucapkan oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas Setdakab Bolsel, Ahmadi Modeong, bahwa nanti para Sangadi akan diajak oleh Bupati untuk melihat cara dan hasil panen coklat.

"Nanti mereka akan melihat sendiri potensinya seperti apa," tukasnya. 

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved