TribunManado/

73 Bhabinkamtibmas Polda Sulut Ikut Pelatihan Pertanian

Tidak hanya urusan menangkap pelaku tindak kejahatan, Bhabinkamtibmas juga bisa dalam hal pertanian.

73 Bhabinkamtibmas Polda Sulut Ikut Pelatihan Pertanian
TRIBUNMANADO/HANDHIKA DAWANGI
Pelatihan Pertanian yang digelar Polda Sulut,Kamis (11/01/2018) sejak pagi hingga sore hari di Satu Perkebunan Tompaso, Kabupaten Minahasa. 

Laporan wartawan Tribun Manado Handhika Dawangi

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -  Tidak hanya urusan menangkap pelaku tindak kejahatan, Bhabinkamtibmas juga bisa dalam hal pertanian.

Itulah yang menjadi tujuan Pelatihan Pertanian yang digelar Polda Sulut,Kamis (11/01/2018) sejak pagi hingga sore hari di Satu Perkebunan Tompaso, Kabupaten Minahasa.

Kegiatan ini merupakan program Binkamtibmas Pionir Pertanian. Sebanyak 73 Bhabinkamtibmas ikut pada pelatihan ini.

Polda Sulut menghadirkan narasumber pertanian nasional untuk memberikan pelatihan.

TO Suprapto, Narasumber yang sengaja didatangkan dari Pusat Pelatihan Pertanian Terpadu Joglotani Jogjakarta. Banyak hal mengenai pertanian yang diajarkan kepada 73 Bhabinkamtibmas Polda Sulut.

"Yang diajarkan yaitu mengenai bagaimana melihat kesuburan tidaknya tanah, membuat pupuk padat, pupuk cair. Bagaimana cangkok, okulasi, mengenai penyakit dan hama serta cara mengantisipasi dan mengatasinya termasuk pasca panen," ujar Suprapto.

Lanjut Suprapto, ia bersama enam temannya yang lain juga mengajarkan mengenai budidaya. "Cara membudidaya mulai dari bagian tanaman. Ada akar, umbi, seperti kacang, singkong, bawang merah. Tanaman yang dipanen daunnya ada caisin, bayam merah, dan bayam hijau. Kita mulai menanam apa yang kita makan dan makan apa yang kita tanam," ujar dia.

Ia juga mengatakan sebagai Bhabinkamtibmas, tidak hanya sebagai pelindung keamanan lingkungan tetapi juga keamanan pangan.

"Terjadi kriminalitas juga karena orang kelaparan. Bagaimana membuat masyarakat kenyang.
Itu yang kami ajarkan," ujar dia.

Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito mengatakan pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kata dia ini adalah kegiatan awal, dimulai dari Bhabinkamtibmas. "Kedepan akan saya buat lagi dengan menghadirkan orang lebih banyak lagi," ujar kapolda.

Kapolda berharap setelah menerima materi dari pelatihan tersebut Bhabinkamtibmas bisa mengaplikasikannya.

"Saya harap hasil pelatihan pertanian terpadu sejak pagi hingga sore bisa diaplikasikan untuk diri sendiri dan keluarga, juga untuk masyarakat lingkungan dimana Bhabinkamtibmas itu bertugas," ujar kapolda.

Kata kapolda, ini sangat penting. Karena polisi juga mempunyai tanggung jawab terhadap ketahanan pangan di negara kita.

"Nanti akan kita cek hasil pelatihan ini. Cek ke tempat semua Bhabinkantibmas yang hadir disini.
Kalau memang bagus saya perintahkan agar mengajarkannya kepada masyarakat sekitar. Ini juga sebagai bahan kontak kepada masyarakat dimana ia bertugas," ujar kapolda.

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help