Pilkada Kotamobagu - Asep: Beda Syarat Calon dan Syarat Dukungan

Kedua bapaslon dari jalur perorangan atau independen juga petahana Jainuddin Damopolii dan Suharjo Makalalag (Jadi-Jo), telah mendaftar

Pilkada Kotamobagu - Asep: Beda Syarat Calon dan Syarat Dukungan
CHRISTIAN WAYONGKERE
Jainuddin Damopolii dan Suharjo Makalalag (Jadi-Jo) 

TRIBUNMANADO.CO.ID,KOTAMOBAGU - Dua bakal pasangan calon (Bapaslon) walikota dan wakil walikota Kotamobagu sudah mendaftarkan diri ke Komisi pemilihan umum (KPU) untuk bertarung pada Pilkada serentak 27 Juni 2018.

Pertama bapaslon yang diusung gabungan delapan partai juga calon petahana Tatong Bara berpasangan dengan Nayodo Koerniawan mantan ketua KPU Kotamobagu, keduanya mendaftara pada Selasa (9/1).

Kedua bapaslon dari jalur perorangan atau independen juga petahana Jainuddin Damopolii dan Suharjo Makalalag (Jadi-Jo), telah mendaftar pada Rabu (10/9) hari terakhir pendaftaran calon ke KPU.

Oleh KPU menyatakan kelengkapan berkas dokumen yang menjadi syarat dukungan dan syarat calon lengkap. Sedangkan untuk syarat calon dari Jadi-Jo sudah lengkap dan syarat dukungan masih akan disempurnakan oleh pasangan calon.

"Penyempurnaan syarat dukungan pasangan calon perorangan harus dimasukkan pada tanggal 18 sampai 20 Januari 2018, karena masih kurang 87 dari yang dimasukkan waktu lalu. Sehingga sesuai ketentuan harus dimasukkan dua kali lipat 174 dukungan lagi," urai Asep Sabar komisioner KPU Divi umum, keuangan dan logistik kepada Tribun Manado, Rabu kemarin.

Dia menjelaskan berkas syarat dukungan dan syarat calon untuk Bapaslon berbeda, syarat calon itu meliputi ijazah, visi, misi, biodata, skck, pajak dan lainnya sedangkan syarat dukungan untuk calon yang diusung partai politik surat keputusan dari masing-masing parpol. Sementara syarat dukungan untuk bapaslon perorangan yakni kartu tanda penduduk (KPT) dan surat dukungan masyarakat.

"Nah, harus dibedakan antara syarat dukungan dan syarat calon. Khusus untuk calon perorangan syarat dukungannya harus masukkan pada waktu yang ditentukan, kalau tidak memenuhi dan tidak dilengkapi dengan sendiri tidak lengkap dinyatakan tidak memenuhi syarat," pungkas Asep.‎(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Try Sutrisno
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help