TribunManado/

kasus Solar Cell - Tujuh Hari Tim Polda Sulut Pantau Rumah Benny

Dengan Penangkapan Johan Benny Mailangkay, tersangka dugaan kasus korupsi pengadaan solar cell tahun 2014

kasus Solar Cell - Tujuh Hari Tim Polda Sulut Pantau Rumah Benny
IST
Tersangka solar cell. foto ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dengan Penangkapan Johan Benny Mailangkay, tersangka dugaan kasus korupsi pengadaan solar cell tahun 2014 maka genaplah sudah jumlah tersangka dengan kerugian negara mencapai Rp 3.1 Milliar.

Proses penangkapan Johan tidaklah mudah. Tim Subdit Tindak Pidana Korupsi Ditreskrimsus Polda Sulut harus berangkat beberapa kali ke Bintaro Tangerang Selatan untuk memastikan keberadaannya.

"Lima anggota Subdit Tipikor bahkan sempat memantau rumahnya tersangka JM di Bintaro selama satu minggu (tujuh hari)," ujar Kasubdit Tipidkor AKBP Robby MR SIK, kepada Tribun Manado, Rabu (10/01/2018) pagi.

AKBP Robby kemudian mengatakan
pemantauan oleh anggotanya di kediaman JM, dilakukan sebelum diterbitkannya Daftar Pencarian Orang (DPO). "Lima anggota saya terus pantau rumah JM di Bintaro namun dia tetap tidak ada," ujarnya.

Laporan Polisi kasus tersebut tahun 2016. Kemudian didalami dan diproses hingga 2017. Ada tiga tersangka, dua diantaranya yakni FS, dan RW telah diproses terlebih dahulu. Sementara JM ditetapkan tersangka pada Agustus 2017.

"Setelah kita tetapkan tersangka kita lakukan pemanggilan, namun yang bersangkutan tidak datang," ujar Kasubdit Tipidkor AKBP Robby MR SIK.

Dua hari kemudian penyidik Subdit Tipikor datang kerumahnya untuk mengecek sekaligus membawa surat panggilan kedua.

"Namun saat mencari di tempat tinggalnya di Winangun Manado, dan Remboken. Yang bersangkutan sudah tidak ada ditempat. Diperkirakan sudah lari ke Bintaro. Kita sempat melakukan pembuntutan, hingga ke Bintaro Selama satu minggu namun tersangka tidak pernah muncul," ujar kasubdit.

Setelah itu lanjut kasubdit, pada September 2017 dilakukannya penerbitan DPO. "Kita kemudian bekerjasama dengan KPK untuk menangkap tersangka," ujar kasubdit.

Selama sekitar empat bulan, tim subdit tipikor direskrimsus Polda Sulut melakukan pencarian, dan koordinasi dengan KPK.

Halaman
12
Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help