Jeffry Paat: Partai Gagal Lakukan Pengkaderan

Terbatasnya pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pilkada 2018

Jeffry Paat: Partai Gagal Lakukan Pengkaderan
net
Jefry Paat 

News Analysis

Jeffry Paat
Dosen Fisip Unsrat Manado

Terbatasnya pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pilkada 2018 seperti di Kabupaten Minahasa Tenggara, membuktikan bahwa partai politik gagal melakukan pengkaderan.

Kegagalan partai melakukan pengkaderan, menyulitkan mereka untuk menyiapkan sosok potensial untuk bertarung di pilkada, sehingga pilihannya hanya satu, yakni memberikan rekomendasi atau dukungan kepada calon dari partai lain, contohnya James Sumendap yang adalah kader PDIP.

Tak adanya kader dari partai lain yang berani dimajukan seperti dari Demokrat dan Golkar, memudahkan calon dari PDIP untuk menarik empati dan simpati dari partai lain guna mendukungnya hingga bisa mendaftar di KPU untuk ikut pilkada.

Kondisi tersebut tentu memprihatinkan, sebab tak menunjukkan fatsun politik. Tak ada persaingan yang muncul, akibat calon tunggal hanya akan berhadapan dengan kotak kosong.

Proses demokratisasi masyarakat akan berjalan lambat, dan partisipasi pemilih pasti menurun, sebab pemenang pilkada akan mudah ditebak, mengingat calon tunggal hanya akan berhadapan dengan kotak kosong. Munculnya calon tunggal juga membuat pendidikan politik kepada masyarakat jadi tak jalan, dan tak memberi kesempatan lahirnya pemimpin yang baru di satu daerah.

Berbeda dengan di daerah kepulauan seperti Talaud dan Sitaro. Proses demokrasi di daerah ini berjalan sangat baik, sebab mampu menelorkan calon pemimpin baru dengan hadirnya banyak pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mendaftar lewat jalur independen maupun partai. Masyarakat memiliki banyak alternatif untuk memilih pemimpin yang dinilainya bisa diandalkan untuk membangun daerah.

Banyak calon yang bermunculan di pilkada di beberapa daerah di Sulut, termasuk di Talaud dan Sitaro akan membuat pertarungan semakin kompetitif. Pemenang nantinya akan bergantung pada seberapa baiknya calon dan partai melakukan penggalangan dukungan dari masyarakat. (War)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved