TribunManado/

Dugaan Korupsi Solar Cell Distakot Manado, Kejari Tunggu Pelimpahan Tahap II Polda

Kasus dugaan korupsi Penerangan Jalan Umum (PJU) Solar Cell di Dinas Tata Kota Manado pada tahun 2014 dengan tersangka Johan Benny Mailangkay

Dugaan Korupsi Solar Cell Distakot Manado, Kejari Tunggu Pelimpahan Tahap II Polda
TRIBUNMANADO/YOSUA PALANDI
Foto ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID— Kasus dugaan korupsi Penerangan Jalan Umum (PJU) Solar Cell di Dinas Tata Kota Manado pada tahun 2014 dengan tersangka Johan Benny Mailangkay, kini bisa diusut tuntas hingga ke pengadilan.

Hal itu terjadi setelah Benny yang menjabat sebagai Kepala Dinas Tata Kota Manado pada tahun 2014, berhasil ditangkap oleh jajaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), setelah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Sulut.

‘’Tertangkapnya tersangka Benny kini memudahkan Kejaksaan untuk memproses kasus dugaan korupsi PJU Solar Cell Manado pada tahun 2014 hingga ke pengadilan,’’ kata Kajari Manado Budi H Panjaitan melalui Kasi Pidsus Melly Soeranta Ginting, Rabu (10/01/2018).
Tersangka Benny dinilai bertanggungjawab atas kasus dugaan korupsi PJU Solar Cell Manado yang merugikan keuangan Negara hingga Rp 3 Miliar dari total anggaran Rp 10 Miliar.

Sebab, kala itu Benny berperan sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di Dinas Tata Kota Manado. ‘’Kini Kejari Manado tinggal menunggu pelimpahan tahap II saja dari Polda Sulut.

Jika sudah dilakukan, maka akan segera dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan,’’ tegas Ginting.

Pengusutan kasus dugaan korupsi PJU Solar Cell Manado melibatkan banyak pihak. Beberapa diantaranya bahkan sudah menjadi terpidana, setelah Kejari Manado berhasil membuktikan keterlibatan mereka dalam kasus tersebut. Sebut saja RHW alias Robert yang menjabat sebagai PPK Dinas Tata Kota Manado, LD alias Lucky selaku PPTK, AM alias Aryanthi selaku penerima kuasa PT Subota Internasional Contractor yang telah divonis dengan hukuman penjara 4 hingga 5 tahun.

‘’Khusus terdakwa lainnya yakni PI alias Paulus yang melakukan pembelanjaan PJU Solar Cell masih menunggu putusan kasasi di Mahkamah Agung,’’ jelas Ginting.

Putusan Sela
Selain Benny dan Paulus, proses hukum dugaan korupsi PJU Solar Cell Manado yang masih berjalan yakni untuk terdakwa FS alias Fence yang kala itu menjabat sebagai Ketua Pokja ULP Kota Manado. ‘’Besok kita akan mendengarkan putusan sela dari Majelis Hakim setelah terdakwa mengajukan eksepsi terhadap dakwaan yang disampaikan Jaksa,’’ tambah Ginting.

Sebagai terdakwa, Fence kini menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Manado dan untuk sementara ditahan di Rumah Tahanan Malendeng. (War)

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Try Sutrisno
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help