TribunManado/

BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi 2018 6,6 Persen

Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Sulut akan berada pada rentang 6,2-6,6 persen dari tahun 2017

BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi 2018 6,6 Persen
TRIBUNMANADO/HERVIANSYAH
Bank Indonesia (BI) 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bank Indonesia (BI) pada 2018 memperkirakan pertumbuhan ekonomi Sulut akan berada pada rentang 6,2-6,6 persen(yoy), atau naik dari tahun 2017 sebesar 6,2-6,4 persen. Berbagai faktor perekonomian menjadi satu di antara pendorongnya.

"Ada berbagai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi 2018," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut Soekowardojo dalam Perkembangan Perekonomian Sulut 2017 dan Outlook 2018, Rabu (10/1/2018).

Untuk sumber yang memengaruhinya antara lain peningkatan pendapatan masyarakat baik dari peningkatan UMP maupun produksi pertanian dari seluruh subsektornya. sebagai informasi pemerintah daerah akan memberikan bantuan pencetakan sawah dan bantuan saprodi pada 10 ribu hektare Iahan tanaman pangan padi/beras.

Kemudian meningkatnya penjuaian kendaraan bermotor sebagai dampak fenomena "transportasi online" yang didukung oleh ketersediaan pembiayaan.

Penyelenggaraan Piikada di enam kabupaten/kota di Sulut. Selain itu, peningkatan anggaran beianja APBD Sulut sebesar 17 persen dari tahun 2017 menjadi Rp4,18 triliun. "Ada juga lanjutan pembangunan infrastruktur pemerintah daerah, alokasi dana desa 2018 sebesar Rp1,06 triIiun yang terbagi di 11 kabupaten den 1 kota dengan jumlah penerima 1.508 desa," ungkapnya.

Di samping itu, pertumbuhan ekonomi Sulut 2018 juga ditopang oleh peningkatan ekspor yang sejalan dengan perbaikan ekonomi negara tujuan ekspor dan peningkatan harga Coconut Oil (CNO), serta pasokan bahan baku kelapa dan ikan yang terus membaik.

Di sisi ekspor jasa, ekonomi Sulut akan ditopang oleh upaya pemerintah daerah dalam menarik kunjungan wisman yang lebih besar pada tahun 2018. Upaya Pemda di bidang pariwisata antara Iain menyukseskan penetapan Manado sebagai saiah satu destinasi unggulan nasional bersama 17 destinasi lainnya oleh Kementerian Pariwisata. "Selain itu, rencana pembukaan rute baru Manado-Kuala Lumpur pada Maret 2018," kata Soekowardojo.

Dari sisi pembiayaan, penyaluran kredit perbankan diperkirakan meningkat mencapai 2 digit yaitu 10-12 persen (yoy), lebih tinggi dari 2017. Sementara untuk DPK relatif stabil di level 9-11 persen (yoy).

Adapun perkiraan tahun 2018 didukung oleh hasil Survei Konsumen dan Survei Penjualan Eceran yang dilakukan Bank indonesia, yang menunjukkan adanya optimisme/keyakinan peningkatan perekonomian pada semester I 2018 baik oleh konsumen maupun pedagang eceran.

Deputi Direktur Bidang Advesory dan Pengembang Ekonomi Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut MHA Ridhwan mengungkapkan struktur perekonomian di Sulut ditopang oleh komoditas dan sumber daya alam lainnya. "Dalam pengertian masih masih bahan mentah untuk diperdagangan," katanya.

Padahal jika diolah dengan baik bisa meningkatkan lagi harga komoditasnya sehingga pertumbuhan ekonomi bisa lebih meningkat lagi. "Sedangkan jika perekonomian masih mengandalkan komoditas bahan mentah lebih rentan," ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Asisten Direktur Perwakilan BI Sulut Gunawan dan pejabat lainnya.

Penulis: Herviansyah
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help