350 Personel Yonif 715/Motuliato Diberangkatkan

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito memimpin upacara pemberangkatan satgas Yonif 715 Mtl di daerah penugasanan RI-RDTL

350 Personel Yonif 715/Motuliato Diberangkatkan
ISTIMEWA
350 Personel Yonif 715/Motuliato Diberangkatkan_ 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito memimpin upacara pemberangkatan satgas Yonif 715 Mtl di daerah penugasanan RI-RDTL, Rabu (10/01/2018) pukul 08.15 wita di Dermaga Tiga Pelindo Empat Kelurahan Leato Kecamatan Dumboraya Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo.

Upacara tersebut merupakan Pengantaran Satgas Yonif 715/Motuliato Brigif 22/Otamanasa yang akan melaksanakan Tugas operasi Pengamanan Perbatasan Darat Indonesia Timor Leste di Provinsi Nusa Tenggara Timur TA 2018.

Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito SE, MM dalam sambutannya mengatakan selamat atas kepercayaan negara yang diberikan kepada Yonif 715/Motuliato untuk melaksanakan tugas pengamanan perbatasan.

"Kepercayaan ini harus di pertanggungjawabkan dan dilaksanakan dengan baik, penuh semangat dan kesungguhan serta dilandasi sikap disiplin yang tinggi," ujar pangdam.

Lanjut pangdam, perbatasan darat Indonesia Timor Leste merupakan salah satu titik rawan yang harus dikontrol dengan sebaik-baiknya guna menjaga martabat dan harga diri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan cinta damai.

Sementara itu banyak warga Timor, baik yang warga negara Indonesia yang tinggal di bagian Timur Pulau Timor maupun yang berkewarganegaraan Timor Leste di bagian Barat Pulau Timor, yang masih merasa bahwa mereka adalah satu keluarga, satu suku bangsa, namun terpaksa berbeda kewarganegaraan.

"Hal ini tentunya mengundang berbagai kerawanan yang mungkin tidak disadari oleh mereka, baik yang berkaitan dengan bidang Pertahanan, Hukum, Ekonomi maupun Keamanan, dari berbagai permasalahan di atas yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah kemungkinan terjadinya penyelundupan Senjata Api, Narkoba, Pelibtas Batas Ilegal, Ilegal Loging dan Pemindahan Patok Batas Negara serta mereka yang mempunyai agenda tertentu yang mungkin dapat mengganggu stabilitas keamanan dalam negeri Indonesia," ujar pangdam.

Lanjut pangdam terkait dengan hal tersebut, Komando Atas telah mempercayakan tugas mulia negara untuk menjaga dan mengamankan perbatasan darat RI-RDTL (Republik Demokrasi Timor Leste) kepada Prajurit Yonif 715/Motuliato.

"Tugas ini tidaklah ringan. Selain dituntut mengamankan wilayah dan menciptakan rasa aman bagi masyarakat, kalian juga harus mampu mengamankan diri masing-masing dan harus mampu menyelesaikan tugas pokok satuan, oleh karena itu selaku Pangdam XIII/Merdeka, saya perintahkan kepada seluruh Prajurit Satgas Ops Pamtas Yonif 715/Motuliato untuk selalu jaga nama baik satuan," ujar pangdam.

Pangdam meminta agar tunaikan tugas negara ini dengan penuh keyakinan. "Pusatkan perhatian kalian pada tugas-tugas yang akan segera kalian hadapi," ujar pangdam.
Mayor Inf Farid Yudis Purwanto S.Ip.M.Pol Danyonif 715/Mtl, bertindak selaku komandan upacara.

Adapun yang hadir Drs. H. Rusli Habibie, M. Ap (Gubernur Gorontalo), Brigjen Pol. Rahmat Fudail (Kapolda Gorontalo), Ny. Ibu Atie Suprijati (Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIII/Merdeka), Kolonel Inf Ida I. Dewa Agung H.(Aslog Kasdam XIII/Mdk), Kolonel Inf. Sahat Monang Saragih (Danbrigiff 22/Oms), Letkol Inf Dadang Ismail (Dandim 1304/Gorontalo), Letkol Laut (P) H. Andi Anom Wibowo, S.E (Danlanal Gorontalo), Mayor inf Slamet Raharjo (Danyonif 713/ST), Mayor Inf Farid yudis purwanto (Danyon 715/Mtl), Letkol Inf. Riyan (Kasbrig 22/Oms), Ny. Ida I. Dewa Agung H.(Ibu Aslog Kasdam XIII/Mdk), Ny. Renni Dewi A. (Ibu Asops Kasdam XIII/Mdk), Letkol Inf Donald E. Silitonga (Waasops Kasdam XIII/Mdk), Mayor Inf Micky Rori (Wadandeninteldam XIII/Mdk), Mayor Lek Adri Putra (Dansatrad 22/Kwandang), H.Marten.Taha ( wali kota gorontalo), Faris.yusuf( ketua DPRD prov gtl), para Kapolres jajaran Polda Gorontalo.

Adapun Susunan Pasukan Upacara
terdiri atas tiga Kompi Satgas yonif 715/Mtl, dua peleton Kodim 1304/ Gtl, satu Peleton Lanal Gorontalo, satu Peleton Sabhara Polres Gorontalo. Satgas penugasaan di angkut dengan kapal Kri Teluk Lampung. Personel satgas berjumlah 350 orang.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan pemberian Bantuan Logistik dalam perjalanan dari gubernur prov gorontalo bersama kapolda gorontalo. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help