Pemkab Bolsel Dapat Bantuan Normalisasi Sungai

Bolsel kembali mendapatkan bantuan normalisasi sungai dari Pemerintah Pusat, melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi

Pemkab Bolsel Dapat Bantuan Normalisasi Sungai
IST
kunjungan BWSS ke Bendungan di Desa Salongo. 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU- Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) kembali mendapatkan bantuan normalisasi sungai dari Pemerintah Pusat, melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi I (BWSS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (9/1).

Hal tersebut dituturkan oleh Kepala BWSS Ia Sulut, Djidon Watania saat mengunjungi bendungan air di Desa Salongo, Kecamatan Bolaang Uki.

Dalam penuturannya pada tahun ini sebanyak dua proposal Pemkab Bolsel yang sudah disetujui oleh Pemerintah Pusat diantaranya normalisasi sungai Matandoi dan Onggunoi.

Kemudian akan dikerjakan dalam tahun berjalan ini yang sumber anggarannya dibebankan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018.

"Saat ini sudah dalam tahap lelang," ujarnya.

Sementara proposal yang lain yang sudah diusulkan akan diperjuangkan oleh pihaknya sehingga semua program - program normalisasi sungai di Bolsel terlaksana dengan baik.

"Yang kita butuhkan saat ini adalah bersinergi sehingga semua program yang kita usulkan bisa disetujui pemerintah pusat," ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tedi Manika, saat ditemui disalah satu kawasan kuliner di Pantai Sondana, membenarkan bahwa rata - rata sungai di Bolsel memiliki potensi menimbulkan bencana.

Untuk itu perlu mendapatkan sentuhan dari Pemerintah Pusat melalui pemerintah daerah, agar potensi bencana ini mampu dinetralisir dengan kegiatan normalisasi sungai.

"Memang perlu mendapatkan perhatian pemerintah pusat, karena jembatan dan sungai sebagian besar kondisinya cukup memperihatinkan," ujarnya.

Akibat deras air dan curah hujan yang cukup tinggi rawan terjadi abrasi sungai, khususnya sungai besar. Maka perlu dilakukan normalisasi sebelum kondisinya semakin parah.

"Kami pemerintah daerah mengharapkan sentuhan dari pemerintah pusat sebagaimana yang diharapkan. Meliputi normalisasi sungai, irigasi, dan pantai," tukasnya. (lix)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help