Taufik Tumbelaka Sebut Parpol di Mitra Gagal

Hanya satu pasangan yang maju di Pilkada Minahasa Tenggara (Mitra) menjadi sorotan.

Taufik Tumbelaka Sebut Parpol di Mitra Gagal
Ist
Taufik Tumbelaka Pengamat Politik Sulut 

Liputan Wartawan Valdy Vieri Suak

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN- Hanya satu pasangan yang maju di Pilkada Minahasa Tenggara (Mitra) menjadi sorotan.

Salah satunya datang dari Taufik Tumbelaka pengamat Politik dan Pemerintahan. Menurutnya dengan hanya ada satu pasangan menjadikan Partai Politik di Mitra gagal.

"Dengan adanya fenomena ini (kotak kosong) bisa dikatakan Parpol di Mitra gagal melakukan bina kader," akunya.

Ia mengatakan apa yang terjadi di Mitra menjadi catatan menarik. "Dengan begini pemegang hak pemilih di Mitra akan mengalami pengalaman unik," ungkapnya.

Hal ini katanya tak menggembirakan jika dilihat dari sisi demokrasi. "Dari sisi demokrasi memang menjadi kurang menggembirakan karena bisa menimbulkan persepsi dibeberapa kalangan tentang hak pemilih akan terkebiri," kata Tumbelaka.

Namun ia mengatakan jika kotak kosong terjadi karena faktor alami maka tidak bisa dikatakan hak pemilih dikebiri. "Namun hal ini tergantung konstelasi dan peta politik yang ada, jika kondisi ini rekayasa maka dapat dianggap terjadi pengebirian tapi kalau fenomena ini alamiah maka dapat dikatakan hak pemilih tidak dirugikan," jelasnya.

Namun baginya tetap ada kerugian dari Pemilih karena beberapa sosok potensial di Mitra gagal terngkat atau diangkat oleh parpol. "Dan dapat dikatakan ini kelalaian Parpol. Atau menimbulkan kesan kader partai politik lain tidak berani," bebernya. (val)

Penulis: Valdy Suak
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help