Pilkada Kotamobagu - PAN Pertama Mendukung, Demokrat Konsisten Hingga Menit Akhir

Berikut ini jalan panjang sejumlah partai pada akhirnya mengusung bakal calon walikota dan wakil walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong

Pilkada Kotamobagu -  PAN Pertama Mendukung, Demokrat Konsisten Hingga Menit Akhir
CHRISTIANWAYONGKERE
Bakal pasangan calon walikota Tatong Bara dan wakil walikota Nayodo Koerniawan menyerahkan berkas dekungan partai kepada KPU Kotamobagu kemudian di verifikasi bagian teknis, 

TRIBUNMANADO.CO.ID,KOTAMONBAGU - Berikut ini jalan panjang sejumlah partai pada akhirnya mengusung  bakal calon walikota dan wakil walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dan Nayodo Koerniawan untuk bertarung di pilkada Kotamobagu.

Sempat terjadi saling sikut dengan Jainuddin Damopolii ketua DPD PAN Kotamobagu,Zulkifly Hasan selaku Ketum DPP PAN akhirnya mengelurkan surat rekomendasi dan surat keputusan kepada calon petahana tatong Bara.

Berbeda dengan partai lainnya, PDI Perjuangan oleh ketua DPD PDI Perjuangan Sulut Olly Dondokambey menegaskan pihaknya sudah menjatuhkan pilihan calon walikota Kotamobagu di Pilkada 2018 adalah walikota definitif saat ini, yaitu Tatong Bara.

Menyusul setelah itu calon wakil walikota Nayodo Koerniawan harus mengikuti pendidikan kader yaitu sekolah calon kepala daerah dan wakil kepala daerah DPP PDI Perjuangan, yang kemudian resmi Tatong dan Nayodo didukung PDI Perjuangan.

Selanjutnya adalah partai Hanura, dukungan kepada Tatong Bara dan Nayodo Koerniawan sebagai bakal pasangan calon diberikan oleh ketua DPP Partai Hanura bidang organisasi Benny Ramdhani dalam satu acara mandat rakyat mandat Hanura' kepada calon wali kota Kotamobagu Periode 2018-2023 di sekretariat DPC Partai Hanura.

Menyusul partai PKS, Gerindra dan PKB. Jusran Mokolanut selaku ketua DPC PKB Kotamobagu penyerahan SK kepada Tatong, bersamaan dengan momentum penyerahan mandat politik PKB dan Akpolbang (Akademi politik kebangsaan) untuk calon kepala daerah dari PKB.

"Jadi calon yang diusung PKB harus mengikuti Akpolbang," kata Jusran. Penyerahan SK diserahkan oleh Ketum PKB Muhaimin Iskandar secara formalnya diacarakan di kantor DPP Jalan Raden Saleh Raya Jakarta.

Drama penyerahan dukungan dari partai politik kepada Tatong Bara kembali berlanjut di partai Golkar, pada saat pelaksanaan penyerahan surat keputusan DPP Partai Golkar kepada pasangan calon kepada daerah yang diusung partai Golkar pada Pilkada 2018 hingga menit terakhir terinformasi Djelantik Mokodompit selaku ketua DPC Golkar Kotamobagu masih berharap dan berupaya mendapat restu dari Golkar.

Namun sayangkan keinginan dan harapan Djelantik pupus, ketua umum DPP Golkar Airlanggar Hartanto memberikan dukungan kepada Tatong Bara dan Nayodo Koerniawan. SK itu diterima langsung Tetty Paruntu ketua DPD Golkar Sulut dan Tatong di Jakarta.

Partai terakhir yang menyatakan dukungan kepada Tatong adalah Demokrat, oleh ketua harian DPD Demokrat Sulut James Karinda dengan gamblang menyampaikan mendukung Tatong bersama Nayodo Koerniawan.

Terlepas dari dukungan Demokrat kepada Tatong, ketua DPC Demokrat Kotamobagu Ishak Suhega masih kukuh bahwa dirinya sebagai calon tunggal walikota kotamobagu dari Demokrat.

"Yang pasti Demokrat tidak menjadi penonton pasti menjadi pelaku ini sikap politik dan strategi sebelum tanggal 8 Januari 2018 sudah ada sikap partai akan dukung siapa," kata Ishak saat diwawancara beberapa lalu. Menurut Ishak partai Demokrat tidak bisa mengusung calon sendiri karena hanya tiga kursi dan semua partai sudah ke Tatong Bara sehingga Demokrat harus ada keputusan strategis dalam hitungan-hitungan politik.

"Apapun keputusn itu Demokrat sudah perihatkan konsistensi tidak bisa diintervensi hingga detik terakhir, berbeda dengan partai lain, konsisten pada sikap meski tidak bisa mengusung karena hanya tiga kursi," tandasnya.

Lengkap sudah delapan partai yang mendukung sang petahana sebagai calon, setelah mendaftar akan ditunggu langkah selanjutnya dari calon lawan Tatong yaitu calon petahana lainnya Jainuddin Damopolii dan Suharjo Makalalag bakal pasangan dari jakur independent. "Rencanannya kami akan mendaftar pada tanggal 10 Januari 2018," kata Jamil penghubunga atau laisson officer (LO) pasangan Jadi-Jo.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help