TribunManado/

Harga Ikan Di Boltim Naik Dua Kali Lipat

Harga Ikan di Bolaang Mongondow Timur terus melonjak naik dua kali lipat dari biasanya

Harga Ikan Di Boltim Naik Dua Kali Lipat
TRIBUNMANADO/VENDI LERA
Proses tawar menawar antara pembeli dan penjual di pasar Tutuyan, Senin (8/1) 

Laporan Wartawan Tribun Manado Vendi Lera

TUTUYAN,TRIBUNMANADO.CO.ID - Harga Ikan di Bolaang Mongondow Timur, naik dua kali lipat.

"Biasanya kami beli ikan dari nelayan dihitung satu kerajang, hampir tiga bulan terakhir hitungannya berbedah perkilo," ujar Nurmia Olii, penjual ikan di Tutuyan, Senin (8/1).

Kata dia, satu kerajang biasanya Rp200-250 untuk ikan Cakalang, sudah lebih dari 20 kilogram beratnya, namun sekarang dihitung perkilo Rp24 ribu. Maka perbedaannya hampir dua kali lipat.

"Saya hanya ambil sesuai kemampuan yakni 20 kilogram dengan uang Rp480 ribu. Maka untuk menjualnya sulit, sebab pembeli berkurang," ujar Nurmia.

Lanjut dia, jika dalam sehari tidak habis dijual, maka diasapi (fufu) kemudian dijual kembali dengan harga satu ekor Rp20.000.

Sementara Ramli Latodang (30), warga Tutuyan, mengatakan, memang harga ikan mahal

"Kadang kalau mahal seperti sekarang, lebih memilih beli tahu dan tempe. Seban harga ikan satu ekor Rp20-25 ribu, yang biasa dijual Rp10 ribu," ujar Ramli

Tambahnya, baru hari ini datang membeli ikan, sebab sudah hampir satu minggu makan tahu dan tempe.

Kepala Bidang Perdagangan DisperidagKop, Muhamad Arhans Daud, mengatakan, biasanya harga tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni cuaca dan tidak ada aktivitas warga.

Contohnya saja harga ikan, nelayan tidak ke laut dikarenakan cuaca buruk atau masih dalam suasana tahun baru, sehingga belum beraktivitas normal.

"Kami akan turun langsung melihat kondisi dari harga ikan ini. Kemungkinan dalam waktu dekat sudah akan normal kembali, jika cuaca membaik," ujar Arhans. 

Penulis: Vendi Lera
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help