TribunManado/

Dinas Kesehatan Akan Cek Kualitas Air Depot di Bolmong

Hampir setiap dua hari atau lebih, norma membeli air isi ulang. Air ini diproduksi depot air lokal di wilayah Lolak

Dinas Kesehatan Akan Cek Kualitas Air Depot di Bolmong
NET
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Hampir setiap dua hari atau lebih, norma membeli air isi ulang. Air ini diproduksi depot air lokal di wilayah Lolak, Bolaang Mongondow.

Norma mengaku harganya yang hanya Rp 5 ribu, murah untuk konsumsi sebagai air minum. Ia mengaku kalau harus mengeluarkan uang hingga belasan ribu untuk air berlabel, ia merasa rugi.

Norma dan keluarga menggunakan air ini untuk minum. Ia tak memasak lagi air ini. Ia mengaku tak pernah sakit perut menggunakan air ini. Sehingga ia tak khawatir.

"Pokoknya minum-minum saja. Tak pernah sakit perut selama ini. Jadi saya kira aman. Ada air isi ulang yang rutin lewat tiap hari, itu yang saya beli," ucapnya Senin (8/1).

Air isi ulang di depot rupanya tak menjamin kebersihan air tersebut. Dinas Kesehatan akan mengecek ulang kualitas air minum di seluruh wilayah Bolaang Mongondow.

"Apalagi air minum begitu langsung dikonsumsi masyarakat. Depot di Bolmong sudah banyak, kami akan cek kualitasnya dalam waktu dekat ini," ujar Kepala Dinas Kesehatan Sahara Albugis.

Pengecekan kualitas air minum depot ini rutin dilakukan tiap tahun. Apakah air yang dijual mengandung bakteri atau tidak. Ini menjadi syarat izin usaha depot tersebut.

Jika menemukan ada kualitas air yang tidak memenuhi standar kesehatan, Dinkes mengancam menutup usaha dan mencabut izin depot tersebut.

"Sanskinya tak main-main, kami bisa mencabut izin usaha depot tersebut. Karena air yang mengandung bakteri membahayakan kesehatan warga. Apalagi telah dikonsumsi tiap hari," jelas Albugis. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help