TribunManado/

267 Kelompok Tani Boltim Terima Bantuan Pupuk.

Kelompok Tani se Bolaang Mongondow Timur terima dana program bantuan pupuk dari Pemerintah Pusat

267 Kelompok Tani Boltim Terima Bantuan Pupuk.
TRIBUNMANADO/VENDI LERA
Bank BNI Cabang Pembantu Tutuyan 

Laporan Wartawan Tribun Manado Vendi Lera

TUTUYAN,TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebanyak 267 kelompok se Bolaang Mongondow Timur, terima dana bantuan pupuk dari Pemerintah Pusat.

Program bantuan pupuk ini, sudah ada dari beberapa tahun, hanya saja sistem penyaluran bantuan mengalami perubahan.

"Waktu lalu pihak ketiga yang memberikan langsung kepada petani dalam bentuk pupuk, sekarang dana diserakan kepada kelompok langsung lewat rekening untuk dibelanjakan sesuai jumlah anggota dan lahan," ujar Ketua Kelompok Hybrida, Mul, Senin (8/1).

Menurutnya, sistem pemberian langsung ke rekening petani. Merupakan cara baru yang digunakan pemerintah dalam menyalurkan bantuan.

"Mungkin pemerintah berpikir serta mengevaluasi cara ini lebih efektif, sebab langsung ke tangan petani lewat kelompok. Namun dalam pengawasan Dinas Pertanian melalui penyuluh," ujar Mul.

Sementara Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Benny Mokoginta, mengatakan, bantuan diberikan melalui kelompok yang direkomendasi sangadi.

"Jadi kelompok ini bukan kami yang pilih, akan tetapi adanya rekomendasi Sangadi, karena mereka lebih mengetahui kelompok tani di desa, lalu memasukan proposal," ujar Benny Mokoginta.

Lanjut dia, pemberian bantuan pupuk sudah melalui beberapa cara dan mekanisme, per kelompok diberikan bantuan sesuai lahannya.

Anggarannya dimulai dari Rp4 -7 juta rupiah. Pencairan dilakukan di Bank BNI.

Penulis: Vendi Lera
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help