Bolmong - Yasti Sebut Infrastruktur di Dumoga Jadi Prioritas

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan rombongan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengunjungi desa

Bolmong - Yasti Sebut Infrastruktur di Dumoga Jadi Prioritas
FINNEKE WOLAJAN
Bupati dan Kementerian PUPR Tinjau Desa Dumoga dan Kopandakan II 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan rombongan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengunjungi desa yang bakal masuk dalam program padat karya, Sabtu (6/1).

Desa tersebut di antaranya Desa Dumoga Kecamatan Dumoga Timur dan Desa Kopandakan II Kecamatan Lolayan. Di Bolaang Mongondow hanya dua desa ini yang masuk dalam program tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Parman Ginano mengatakan dalam peninjauan lokasi, Yasti melakukan pertemuan dengan kepala desa, sekaligus menjelaskan kualifikasi desa yang menjadi sasaran dari program tersebut.

Sasaran dari program ini adalah desa tertinggal dan sangat tertinggal, yang dipandang dalam berbagai indikator. Adapun tujuan dari program ini untuk mempercepat pengentasan kemiskinan di desa.

"Salah satu contoh padat karya adalah proyek infrastruktur. Proyek ini akan dikerjakan secara swakelola, dengan melibatkan masyarakat setempat," ujar Ginano.

Yasti dan rombongan juga melewati infrastruktur jalan yang rusak, sekaligus melihat lokasi yang rencananya akan dibuat jembatan gantung. Deretan mobil pejabat ini merasakan langsung bagaimana rusaknya jalan di wilayah ini.

Masyarakat di Kecamatan Dumoga Utara dan Dumoga Tenggara selalu mengeluh dengan jalan yang rusak berat ini. Titik terparah berada di perbatasan dua kecamatan ini.

Curah hujan yang tinggi membuat masyarakat semakin resah. Jalan bak kolam dengan air yang keruh. Kondisi ini pun mengancam keselamatan warga, terutama pengendara motor.

Mulyono, salah seorang tukang ojek mengatakan ia was-was melewati jalan tersebut. Ia resah akan jatuh. Namun karena sudah terbiasa, ia sudah tahu jelas bagaimana parahnya jalan itu.

"Pokoknya kalau lewat situ harus hati-hati. Apalagi kalau bawa penumpang. Takutnya kan bisa jatuh atau apa. Kami berharap pemerintah segera memperbaikinya," ucapnya.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan infrastruktur di wilayah Dumoga Raya menjadi prioritas pembangunan dirinya bersama Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk.

"Ini juga kesempatan saya memperlihatkan kepada rombongan dari Kementerian PUPR, tentang kondisi infrastruktur kami saat ini di Dumoga. Semuanya perlu diperbaiki," ucap bupati.

Sejumlah pejabat Pemkab Bolmong turut mendampingi bupati di antaranya Kadis PU Tata Ruang Channy Wayong, Kadis Perkebunan Taufik Mokoginta, Kadis Perumahan dan Pemukiman Rakyat Dadang Nugroho, Kaban BKKBD Ketut Kolak dan Camat Dumoga Utara Hamandu Mamonto. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help