TribunManado/

Rapat Pengamanan Pilkada Serentak 2018, Pangdam: TNI Harus Netral

- Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM menegaskan bahwa TNI harus menyatu

Rapat Pengamanan Pilkada Serentak 2018, Pangdam: TNI Harus Netral
IST
Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM menegaskan bahwa TNI harus menyatu dengan semua elemen bangsa Indonesia. Tidak memihak atas suatu elemen bangsa Indonesia yang manapun.

Hal itu ia sampaikan saat memimpin rapat pengamanan dalam rangka menghadapi pilkada serentak 2018 di Ruang Yudha Makodam XIII/Mdk, Jumat (5/1) pagi.

Pada saat itu sebelum pengarahan Pangdam XIII/Mdk menerima paparan dari masing masing Dandim yang di wilayahnya melaksanakan Pilkada Serentak 2018.

Dalam pengarahannya pangdam menyampaikan bahwa TNI tidak boleh menjadi komponen bangsa yang eksklusif, tetapi harus manunggal dengan rakyat.

"Prajurit Kodam XIII/Merdeka harus mengetahui batasan-batasan yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan selama tahapan pesta demokrasi rakyat tersebut berlangsung. Karena pada prinsipnya Prajurit TNI harus netral," ujar pangdam.

Pilkada Serentak 2018 akan berlangsung di wilayah kerja tujuh Kodim jajaran Kodam XIII/Merdeka.

Antara lain Kodim 1312/ Talaud (Kabupaten Kepulauan Talaud), Kodim 1301/Sangihe (Kabupaten Kepulauan Sitaro), Kodim 1302/Minahasa (Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Tenggara), Kodim 1303/Bolmong (Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolmong Utara), Kodim 1304/Gorontalo (Kota Gorontalo dan Kab Gorontalo Utara), Kodim 1306/Donggala (Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong), serta Kodim 1311/Morowali (Kabupaten Morowali).

Pangdam mengingatkan dan menekankan bahwa TNI harus netral.

"Perlu saya tegaskan sekali lagi bahwa TNI harus netral. Tidak memihak salah satu kontestan Pilkada Serentak 2018 maupun Pemilu Nasional 2019 serta tidak terlibat kegiatan politik praktis dalam bentuk apapun," ujar pangdam.

Kata pangdam, citra positif TNI yang telah kita bangun bersama dengan susah payah setelah sempat terpuruk di akhir masa Orde Baru, harus dapat kita jaga dan kita pelihara.

"Ibarat pepatah, Karena Nila Setitik Rusak Susu Sebelanga,” maka para Perwira dan Komandan Satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka harus mampu mengendalikan diri dan seluruh prajurit di bawah komandonya untuk tidak berbuat dan bertingkah macam-macam yang dapat merusak citra positif TNI," ujar pangdam.

Hadir dalam kesempatan ini, Danrem 131/Santiago Dam XIII/Merdeka;Irdam XIII/Merdeka;Danrem 132/Tadulako Dam XIII/Merdeka;Para Staf Ahli, Asisten dan Kabalak Dam XIII/Merdeka;Para Dandim dan Pabung jajaran Kodam XIII/Merdeka. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help