Prediksi Bunga Kredit di 2018, Ini Kata Analis

Beberapa bankir menanggapi beragam mengenai penurunan proyeksi suku bunga kredit tahun ini. Ada beberapa yang optimistis masih bisa turun.

Prediksi Bunga Kredit di 2018, Ini Kata Analis
NET
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Beberapa bankir menanggapi beragam mengenai penurunan proyeksi suku bunga kredit tahun ini. Ada beberapa yang optimistis masih bisa turun, ada yang pesimistis.

Maryono, Direktur BTN bilang suku bunga kredit pada tahun ini masih bisa mengalami penurunan. "Tergantung pricing market lokal," kata Maryono ketika ditemui, Selasa (2/1).

Eko R. Gindo, Direktur Keuangan Bukopin bilang suku bunga kredit tahun ini diproyeksi tidak banyak berubah. "Tidak ada potensi penurunan jika bunga acuan BI 7DRR rate tetap,"kata Eko, Selasa (2/1).

Suprajarto, Direktur Utama BRI bilang suku bunga kredit tahun ini akan banyak terpengaruh oleh suku bunga SBI 12 bulan.

"Tahun ini tahun politik mungkin uang beredar cukup banyak," kata Supra, Selasa (2/1). Terkait suku bunga kredit tahun ini diharapkan akan bisa mengalami penurunan.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP bilang suku bunga kredit tahun ini agak kecil kemungkinan turun. "Kalau naik tidak juga karena LDR bank rendah dan masih relatif di level yang sama," kata Parwati, Selasa (2/1).

Achmad Baiquni, Direktur Utama BNI optimis kondisi dalam negeri bisa kondusif dalam meredam kenaikan bunga The Fed. "Kami proyeksi bunga kredit sedikit turun tahun ini karena biaya dana turun dan inflasi rendah," kata Baiquni, Selasa (2/1).

Iman Nugroho Soeko, Direktur BTN bilang pada tahun lalu bank menurunkan bunga kredit lebih agresif dibanding BI. "Memang ada beberapa sektor yang tinggi, namun beberapa sektor kredit yang prioritas sudah kami turunkan," kata Iman kepada kontan.co.id, Selasa (2/1).

Saat ini menurut Iman bunga kredit konstruksi BTN 11% dan KPR 9,5%. Biaya dana tercatat banyak mempengaruhi bunga kredit BTN. *

Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved