Keren! Wiebe Wakker, 2 Tahun Berepetualang Tanpa Bekal dari Belanda ke Australia

Wiebe telah menempuh perjalanan sejauh 52.000 kilometer atau selama 2 tahun menyusuri 31 negara.

Keren! Wiebe Wakker, 2 Tahun Berepetualang Tanpa Bekal dari Belanda ke Australia
(KOMPAS.com/Labib Zamani)
Wiebe Wakker (31) warga Belanda yang melakukan perjalanan untuk mempromosikan mobil listrik dari Belanda menuju Australia tiba di Solo, Jawa Tengah, Senin (1/1/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wiebe Wakker (31) merupakan warga kebangsaan Belanda.

Dia merupakan seorang petualang yang bertekad memulai perjalanannya dari Negeri Kincir Angin untuk menuju Australia.

Wiebe telah menempuh perjalanan sejauh 52.000 kilometer atau selama 2 tahun menyusuri 31 negara.

Seperti India, Thailand, Rusia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan negara lainnya yang dia singgahi selama perjalanan.

Indonesia merupakan negara ke-32 yang dia singgahi. Dia menggunakan mobil Volkswagen Golf Variant yang telah diubah mesinnya menjadi bertenaga listrik 150 kW dengan jarak tempuh 200 kilometer.

Dia memulai misi "Plug Me In" (perjalan menggunakan mobil listrik) sejak 15 Maret 2016 setelah selesai kuliah. Wiebe merupakan alumnus dari University of Arts Belanda tahun 2014. Dimulai perjalannya dari Belanda dan akan berakhir di Negeri Kanguru.

Misi ini sangat membutuhkan dukungan banyak pihak yang mau berbagi listrik untuk mobilnya. Pada kondisi ideal, dia membutuhkan waktu 14 jam untuk pengisian baterai mobil.

Selain tempat pengisian daya listrik, Wiebe juga menerima donasi berupa tempat untuk tidur atau istirahat dan makan sebelum melanjutkan perjalanannya menuju Australia.

Wiebe juga berusaha mengikuti kegiatan sosial dalam setiap persinggahannya. Seperti di Yogyakarta mengikuti kegiatan relawan Pusat Penyelamatan Satwa di Yogyakarta. Senin (1/1/2018) petang, Wiebe dan mobil listriknya singgah di Solo.

"Saya menentukan rute perjalanan ini tergantung siapa yang mau menampung saya. Seperti makan, minum, tidur maupun mengisi baterai mobil saya," kata Wiebe saat singgah di Kantor Dinas Perhubungan Kota Solo, Jawa Tengah, Senin.

Halaman
12
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved