Steve Vai Sebut Gaya Mainkan Gitar Seperti Kurt Cobain Nggak Gampang

Musik distorsi ala Green Day atau Nirvana itu gampang dimainkan. Kordnya pun cenderung sedikit

Steve Vai Sebut Gaya Mainkan Gitar Seperti Kurt Cobain Nggak Gampang
Facebook
Kurt Cobain 

TRIBUNMANADO. CO. ID - Musik distorsi ala Green Day atau Nirvana itu gampang dimainkan. Kordnya pun cenderung sedikit, banyak ada yang nggak lebih dari 5 kord.

Tapi, jangan pandang sebelah mata, bung! untuk memainkan gitar seperti Kurt Cobain itu tetap ada tekniknya tersendiri, gitaris paling top dunia yang bilang.

Ya, Steve Vai, dalam sebuah webseries, bilang ke Ernie Ball bahwa Kurt Cobain itu setara kok kemampuan bergitarnya dengan para master  lainnya.

“Di bidang apapun, senggaknya ada dua pemahaman dasar tentang kejagoanmu. Salah satunya ada urusan teknis. Orang seperti Allan Holdsworth, pencapaiannya untuk menguasai teknik tertentu berbeda dengan Kurt Cobain. Keduanya sama-sama valid dan punya pesannya sendiri-sendiri. Di titik tertentu, kamu mesti melihat selain masalah teknis. Kamu mesti lebih dekat melihat dengan insting musikal,” kata Steve Vai.

Kurt Cobain memang nggak secara khusus disebut sebagai master gitar. Tapi tiap kali mereka memainkan musiknya, menurut Steve Vai, mereka seperti memainkan orkestra besar.

 
“Cobalah bermain seperti Kurt Cobain atau Billie Joe Armstrong (Green Day). Itu nggak gampang. Pernahkah kalian mereka pentas? Tiap not dan kord yang terdengar, sangat mendalam. Terdengar seperti orkestra besar. Itu susah untuk dilakukan,” lanjut gitaris kelahiran 1940 yang pernah menyabet 3 Grammy Award inia.

Musik-musik yang dimainkan, selalu sudah dipikirkan sebelumnya. Menurut Steve Vai, hanya dengan teknik khusus dari para gitaris tersebut, musik yang sebelumnya cuma ada di kepala mereka, bisa dimainkan.

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved