Resolusi Tahun 2018! Menurut Psikolog Ada Hal yang Lebih Penting Selain Cinta, Apa ya?

Menurut Psikolog Harriet Lerner dalam artikelnya di Psychology Today, 'menjadi yang terbaik (be kind)' dan 'cinta' adalah dua hal berbeda.

Resolusi Tahun 2018!  Menurut Psikolog Ada Hal yang Lebih Penting Selain Cinta, Apa ya?
google
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Satu kata yang sangat penting untuk resolusi tahun baru: menjadi yang terbaik. Termasuk juga cinta.

Namun, menurut Psikolog Harriet Lerner dalam artikelnya di Psychology Today, 'menjadi yang terbaik (be kind)' dan 'cinta' adalah dua hal berbeda.

Cinta adalah sesuatu yang tumbuh bersama kita, lalu kita jatuh ke dalamnya, sementara berbuat baik adalah pilihan.

Manusia, kata Harriet, dapat mempraktikan bagaimana berbuat baik, tapi tidak dengan cinta.

Berbuat baik (kindness) akan menjadi sulit dilakukan bersama dengan orang yang membuat kita marah, frustasi, kecewa, dan berbagai emosi menyakitkan.

Tapi, di sinilah Harriet menilai kebaikan itu sangat penting, karena hal ini ada pada orang tua, saudara, pasangan, atau teman dekat.

"Dunia butuh lebih banyak orang-orang berbuat baik. Ini bukan pilihan atau kebutuhan. Lebih dari itu, berbuat baik bagus untuk kita," kata penulis buku The Dance of Anger ini.

Dua abad yang lalu, novelis Henry James mengatakan, "Tiga hal penting dalam kehidupan manusia, yang pertama adalah bersikap baik, yang kedua adalah bersikap baik, dan yang ketiga adalah bersikap baik".

Kamu juga harus menghargai diri sendiri untuk mewujudkan kebaikan.

Kebaikan bukan semacam melawan sentimen atau perasaan yang mengharuskan kita agar menyenangkan dan menenangkan orang lain.

Atau untuk mempertahankan hubungan di tempat seolah-olah hidup kita bergantung padanya, atau mengakomodasi keadaan yang kelihatannya tidak adil.

Hidup mengharuskan kita melakukan tindakan sulit, berbicara dengan kata-kata yang sulit, dan untuk menghadapi ketidakadilan dan ketidakadilan di mana kita melihatnya.

"Segala sesuatu yang bisa dikatakan, bisa dikatakan dengan baik. Setiap posisi sulit yang harus diambil, bisa dilakukan dengan kebaikan. Tidak ada pengecualian," kata Harriet.

Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help