TribunManado/

Lahan Tidur Terus Digenjot Pemerintah Kepulauan Sangihe

Kepulauan Sangihe terus meningkatkan potensi masyarakat dalam mengelolah serta memanfaatkan lahan tidur

Lahan Tidur Terus Digenjot Pemerintah Kepulauan Sangihe
Ist
Bupati Sangihe Jabes Gaghana 

Laporan Wartawan Tribun Manado Jhonly Kaletuang

SANGIHE, TRIBUN - Dinas pertanian Kabupaten Kepulauan Sangihe terus meningkatkan potensi masyarakat dalam mengelolah serta memanfaatkan lahan tidur guna menambah sumber perekonomian petani.

"Memanfaatkan lahan tidur merupakan salah satu program pemerintahan Gaghana-Hontong, guna memenuhi kebutuhan masyarakat petani, karena dilihat selama ini masih belum difungsikan dengan baik," kata Kepala Dinas Pertanian Maltidha Lumeling, kemarin.

Pemanfaatan lahan tidur saat ini sudah mulai dilakukan oleh kelompok tani dengan menanam jagung disela pohon kelapa, dan program ini mendapat respon yang sangat baik dari pihak pemerintah kampung yang memasukan pengadaan 1 Hantraktor melalui dana ADD, untuk membantu para petani,

“Sesuai dengan arahan pak Bupati, setiap desa untuk dapat memasukan pengadaan 1 unit Hantraktor melalui Anggaran Dana Desa. Dan kami dinas akan siap bekerjasama dengan para petani ini dalam hal penyuluhan, pemberian bibit dan pupuk nantinya,"tutupnya.

Belum lama ini, Bupati Kabupaten kepulauan Sangihe Jabes Gaghana berharap hasil pertanian di tahun 2018 harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Sangihe dan bila perlu mampu dijual ke luar daerah.

"Selama ini sayur-sayuran, bawang, rica, tomat, dari Manado, tentunya dengan kreativitas dapat dihasilkan di pekarangan rumah. Jika perlu silakan ambil bibit dan pupuk di dinas pertanian, karena akan dibantu oleh pemerintah daerah," ungkap bupati.

Bupati juga meminta masyarakat rajin dan memanfaatkan butul pekarangan rumah yang masih kosong, agar ditanami kebutuhan berupa sayur, rica, tomat dan rempah-rempah lainnya. "Jika di pekerangan sudah ada, setidaknya dapat menghemat biaya setiap hari," akhirnya.

Penulis: Jhonly Kaletuang
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help