Ini Nilai Akuisisi Tahap I Bank Danamon

Rencana Mitsubishi UFJ Financial Group Inc (MUFG) untuk mencaplok saham mayoritas dari PT Bank Danamon Tbk (BDMN) mulai terealisasi.

Ini Nilai Akuisisi Tahap I Bank Danamon
tribunnews
Bank Danamon 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Rencana Mitsubishi UFJ Financial Group Inc (MUFG) untuk mencaplok saham mayoritas dari PT Bank Danamon Tbk (BDMN) mulai terealisasi.

MUFG baru saja menyelesaikan transaksi tahap pertama senilai Rp 15,87 triliun yang menjadikan MUFG memiliki 19,9% saham Danamon.

Transaksi ini pun ditandai dengan aksi crossing saham BDMN sebesar Rp 15,87 triliun tadi pagi pukul 09.03 WIB di hari terakhir perdagangan bursa tahun 2017. Transaksi di pasar negosiasi ini melibatkan 1,91 miliar saham BDMN dengan harga pelaksanaan Rp 8.323 per saham. Credit Suisse bertindak sebagai broker penjual dan Mandiri Sekuritas sebagai broker pembeli.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Kontan.co.id dari pihak Danamon pada Jumat (29/12), Bank Danamon membenarkan rampungnya transaksi ini. Pihaknya telah menerima pemberitahuan dari pemegang saham yakni Asia Financial Indonesia (AFI) bahwa MUFG telah menyelesaikan pembelian 19,9% dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon.

Dengan kata lain, pihak MUFG telah merampungkan tahap pertama mereka dalam langkah mengakuisisi Danamon hingga 73,8%. Untuk tahap kedua, menurut pihak MUFG belum lama ini, akan dilaksanakan sekitar kuartal II hingga kuartal III tahun 2018.

Pada tahap kedua MUFG akan membeli kembali saham BDMN sebanyak 20,1% untuk menggenapkannya menjadi 40%. Namun, untuk transaksi ini pihak MUFG wajib mengajukan izin kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). *

Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help