Sepakat Akuisisi Danamon, Ini Besar Saham yang Diincar Bank Tokyo

Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd (MUFG) hari ini (26/12) telah menyepakati perjanjian jual beli.

Sepakat Akuisisi Danamon, Ini Besar Saham yang Diincar Bank Tokyo
net
Ilustrasi D-Point Bank Danamon 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd (MUFG) hari ini (26/12) telah menyepakati perjanjian jual beli saham bersyarat dengan Asia Financial Pte Ltd (AFI) dan entitas-entitas terafiliasi lainnya untuk mengakuisisi kepemilikan saham di PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon).

MUFG membeli saham Danamon dari para entitas tersebut sebesar 73,8% kepemilikan saham. Transaksi tersebut akan dilaksanakan melalui tiga tahap. Tahap pertama, MUFG akan membeli 19,9% saham di Danamon, dengan harga Rp 8.323 per saham dengan jumlah investasi sebesar Rp. 15,875 triliun. AFI yang merupakan anak usaha Temasek Holdings akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas Danamon pada saat penyelesaian tahap pertama.

Tahap kedua, grup finansial di bidang pembiayaan korporasi dan pembiayaan infrastruktur itu berencana untuk membeli tambahan 20,1% saham untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya di Danamon menjadi 40%. 

Tahap ini diharapkan akan diselesaikan antara kuartal II hingga kuartal III 2018, dengan bergantung pada didapatnya persetujuan-persetujuan tersebut.

Tahap 3 MUFG berencana untuk meningkatkan kepemilikannya di Danamon di atas 40%. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi pemegang saham Danamon lainnya baik untuk tetap menjadi pemegang saham atau mendapatkan uang tunai dari MUFG. Dengan diselesaikannya Tahap 3, kepemilikan final MUFG di Danamon diharapkan menjadi lebih besar dari 73,8%.

“Investasi MUFG di Danamon merupakan suatu bukti kuat atas optimisme MUFG dalam prospek jangka panjang Indonesia dan komitmen MUFG terhadap pengembangan sektor perbankan Indonesia,” seperti dikutip dari keterangan pers, Selasa (26/12).

Tan Chong Lee, President & Head, South East Asia Temasek mengatakan dalam rilis, Temasek akan bekerja sama secara erat dengan MUFG untuk mendukung Danamon selama periode ini guna meningkatkan nilai bagi para pemangku kepentingan utama Danamon.

"Dengan aksi korporasi tersebut layanan dan kegiatan perbankan tetap berjalan seperti biasa," ujar Sekretaris Perusahaan Bank Danamon, Rita Mirasari. *

Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help