TribunManado/
Home »

Sport

11 Atlet Rusia Tampil pada Olimpiade Musim Dingin 2018

Komite Olimpiade Internasional (IOC) melarang 11 atlet Rusia tampil pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeong-chang, Korea Selatan

11 Atlet Rusia Tampil pada Olimpiade Musim Dingin 2018
AUL GILHAM/GETTY IMAGES
Bendera Olimpiade dan bendera Rusia ketika Olimpiade Musim Dingin 2014 digelar di Sochi, Rusia, 23 Februari 2014. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komite Olimpiade Internasional (IOC) melarang 11 atlet Rusia tampil pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeong-chang, Korea Selatan, 9-25 Februari karena masalah doping.

Keputusan tersebut diambil IOC karena ke-11 atlet tersebut terdeteksi melakukan pelanggaran doping pada Olimpiade Musim Dingin 2014 yang berlangsung di Sochi, Rusia.

Beberapa di antaranya yakni peraih dua medali emas Olimpiade Vancouver 2010 di nomor speed skate, Ivan Skobrev dan Artem Kuznetcov.

Selain itu, ada atlet luger Tatyana Ivanova dan Albert Demchenko yang meraih medali perak di Sochi, Nikita Kryukov dan Alaxander Bessmertnykh (ski nomor cross country) keduanya adalah peraih medali perak.

Atlet lain yang terkena larangan IOC yakni Natalia Matveeva, Liudmiila Udobkina serta Maxim Belugin (atlet bobsledders) dan atlet hoki es, Tatiana Burina dan Anna Shchukina.

Selain larangan tampil di Pyeong-chang dan mengikuti Olimpiade Musim Dingin di masa mendatang, medali yang mereka peroleh di Sochi dicabut oleh IOC.

Keputusan tersebut merupakan bagian dari investigasi IOC terhadap doping atlet Rusia pada Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia.

Menurut hasil investigasi tersebut, Rusia melakukan manipulasi secara sistematis dari sistem anti doping. Kondisi ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Hasil investigasi yang dilakukan oleh Badan Anti Doping Dunia (WADA) dan IOC mengonfirmasi tuduhan doping yang meluas di kalangan atlet Rusia di banyak cabang olahraga sehingga mengganggu sampel atlet Rusia.

Meski begitu, IOC tetap memperbolehkan para atlet yang bisa membuktikan bahwa mereka bersih dari doping dapat turun pada Olimpiade Musim Dingin di Pyeong-chang. Syaratnya, mereka menggunakan bendera netral melalui Olympic Athlete from Rusia (OAR).

Halaman
12
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help