Tajuk Tamu: Masa Adven

Mengapa memasuki akhir bulan November dan beberapa minggu dalam bulan Desember, di rumah-rumah orang Katolik

Tajuk Tamu: Masa Adven
ist
Rexi Alfrids Baptista Kawuwung 

Mengapa memasuki akhir bulan November dan beberapa minggu dalam bulan Desember, di rumah-rumah orang Katolik, Gereja, lembaga-lembaga Katolik seperti sekolah dan rumah sakit, terdapat seperti lingkaran berwarna hijau dengan empat lilin?

Pertanyaan itu pernah dilontarkan oleh seorang teman non-katolik.

Teman tersebut mengira bahwa lingkaran tersebut adalah ‘jimat’ pengusir hujan. Sebab biasanya di Sulawesi Utara, bulan November dan Desember termasuk musim hujan dengan curah hujan tinggi.

Jawaban dari pertanyaan tadi adalah Lingkaran Adven. Itulah simbol dari penantian akan Kelahiran Yesus, Sang Juruselamat yang datang ke dunia hari Natal nanti. Kata ‘adven’ berasal dari Bahasa Latin, adventus artinya ‘kedatangan’. Bagi orang Katolik masa adven dimaknai sebagai hari penantian akan kelahiran Yesus.

Masa Adven, Masa Penantian 

 Orang Katolik memaknai masa Adven sebagai masa liturgi sebelum Natal. Masa Adven biasanya dimulai dari hari minggu terdekat sebelum tanggal 30 November.

Masa Adven berlangsung selama empat minggu, namun tidak berarti empat pekan penuh. Biasanya masa Adven berakhir saat Natal, tepatnya pada Malam Natal yang notabene jatuh sekitar Pekan Adven keempat.

Nuansa penantian masa adven tak dapat dilepaskan dari Yesus. Fokus utama penantian itulah kelahiran Yesus.

Oleh karena merupakan masa penantian, berarti orang Katolik belum merayakan Natal, dalam bentuk apa pun. Kehadiran saat acara Pra-Natal atau bahkan Natal Bersama dengan umat Kristen lainnya merupakan bentuk partisipasi serta toleransi dari umat Katolik.

Kehadiran pun diharapkan memberikan suasana penantian dan pengharapan.

Halaman
123
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help