BRI Kolintang Cup Sukses Digelar

Ketua Dewan Pembina PINKAN Indonesia Lis Purnomo mengapresiasi antusias masyarakat Sulut untuk melestarikan musik kolintang.

BRI Kolintang Cup Sukses Digelar
ANDREW ALEXANDER PATTYMAHU
Pinkan Kolintang 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Ketua Dewan Pembina Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia Lis Purnomo mengapresiasi antusias masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) untuk melestarikan musik kolintang.

“Saya terharu dan bangga menyaksikan penampilan yang luar biasa dari para peserta grup kolitang anak-anak dan remaja,”kata Lis Purnomo pada Pembukaan Kejuaraan Musik Kolintang “BRI Kolintang Cup” yang dilaksanakan oleh Bank BRI dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut di Manado Town Square (Mantos) 3 Manado, Rabu (13/12).

Hadir dalam acara ini Komisaris Bank BRI Jeffry Wurangian, Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan, Sekretaris PWI Sulut Jemmy Saroinsong, Ketua Panitia Aswin Lumintang dan ratusan peserta dari 43 grup kolintang di Sulut.

Dikatakan, penyelenggaraan kejuaraan ini adalah sebuah gagasan yang sangat baik dan merupakan  bentuk kepedulian kalangan wartawan  untuk mengajarkan kepada generasi muda, bagaimana merawat dan menjaga kelestarian alat musik tradisional Kolintang kayu,  agar tetap bertahan ditengah arus modernisasi saat ini.

“Saya berasal dari Jawa Tengah, tetapi saya sangat mencintai alat musik Kolintang   kayu.   Mendengarkan   irama   musik   Kolintang,   saya   langsung terbayang daerah Nyiur Melambai Sulawesi Utara dengan Taman Laut Bunaken,”kata Lis Purnomo.

Pada kesempatan itu juga Lis mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung   perjuangan   PINKAN   Indonesia   dan   Pemerintah   Republik Indonesia  memperjuangkan   alat   musik   Kolintang     sebagai     warisan budaya tak benda di   UNESCO.

Sementara itu, Komisaris Bank BRI Jeffry Wurangian mengatakan, musik kolintang mencerminkan harmonisasi dan keutuhan performance sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik di antara para pemain musik kolintang.

“Dalam musik kolintang tergambar filosofi penting bagaimana keutuhan dan keterpaduan dibutuhkan untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Musik kolintang harus dikemas sedemikian rupa untuk memberikan nilai jual bagi musik tradisional ini,”kata Jeffry.

Kejuaraan Musik Kolintang “BRI Kolintang Cup” berlangsung dua hari, 13 dan 14 Desember 20117 di Mantos 3 dengan memperebutkan total hadiah Rp. 99,5 juta dari Bank BRI. 
Keterangan Foto : Ketua Dewan Pembina PINKAN didampingi Komisaris Bank BRI Jeffry Wurangian dan Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan membuka BRI Kolintang Cup di Mantos 3, Rabu (13/2)

Penulis: Herviansyah
Editor: Aswin_Lumintang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved