Kreasi Siswa Rex Mundi Manado, Limbah pun Jadi Hiasan

Siswa kelas XI IPS 2 menggunakan ranting dan mafafa tersebut sebagai hiasan kandang Natal.

Kreasi Siswa Rex Mundi Manado, Limbah pun Jadi Hiasan
citizen reporter/hanny rawung
Hasil karya siswa kelas kelas XI IPS 2 SMA Rex Mundi Manado. 

Oleh
Hanny Rawung SS

KESAN hijau sangat terasa di kompleks sekolah Yayasan Joseph Yeemye Perwakilan Manado. Pohon rindang dan bunga terawat rapih.

Di antara nuansa itu bisa ditemukan ranting dan ‘mafafa’ atau daun kelapa.

Ide untuk menggunakan mafafa kelapa dan ranting kering untuk hiasan alami muncul dari kelas XI IPS 2. Mereka gunakan ranting dan mafafa tersebut sebagai hiasan kandang Natal.

Tujuannya untuk penghijauan dan juga menjaga lingkungan tidak tercemar dari bahan kimia atau pun plastik.

Siswa pun kreatifit menggunakan bahan ini untuk memeriahkan lomba dalam rangka masa adven dan persiapan penerimaan hasil belajar siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018.

Saat penilaian yang terdiri dari frater-frater Diosesan masuk di kelas XI IPS 2 ketua kelas memberi keterangan kepada juri.

Bahan yang digunakan untuk membuat pohon dan kandang Natal diambil dari bahan alami yakni kertas yang sudah tidak digunakan, koran bekas, daun-daun, mafafa kelapa dan ranting pohon kering.

“Kami tidak menggunakan bahan plastik, sirofom, pilox karena dapat menimbulkan pencemaran lingkungan” ujar ketua kelas XI IPS 2 Sheren Pontoh.

Dia menambahkan, “Biayanya juga murah. Kami ingin menyatu dengan alam sehingga apa yang ada di alam, itulah yang kami jadikan kreatifitas untuk menuangkan ide membuat pohon dan kandang natal.”

Halaman
12
Editor: Edi Sukasah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help