TribunManado/

Ingat! Jangan Biasakan Bonceng Anak dengan Posisi Berdiri di Motor

Para orang tua terkadang sering membonceng anak kecil dengan posisi berdiri di jok sepeda motor

Ingat! Jangan Biasakan Bonceng Anak dengan Posisi Berdiri di Motor
Istimewa
Boncengan anak dengan posisi berdiri 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Para orang tua terkadang sering membonceng anak kecil dengan posisi berdiri di jok sepeda motor.

Mungkin maksudnya baik, agar sang buah hati terhibur dan bisa melihat ke arah depan.

Tahukah Anda, bahwa hal tersebut sangat berbahaya. Bukan untuk anak kecilnya saja, melainkan orang lain di sekitar. Kemungkinan terjatuh bahkan hingga cedera serius cukup tinggi.

Seperti yang sedang ramai dibicarakan di internet. Video yang diunggah akun instagram @polantasindonesia tentang pemotor membonceng anak wanita dengan posisi berdiri di atas jok, mengundang banyak perhatian masyarakat.

Kesalahan pertama jelas, orang tuanya mengizinkan anaknya berdiri di atas jok. Lalu, keduanya juga tidak menggunakan helm, padahal pelindung kepala ketika naik motor itu menempel di bagian depan pengendara.

Belum lama ini Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) pernah menjelaskan bahwa apabila pengendara terganggu kestabilannya, otomatis bisa memicu terjadinya insinden yang cukup fatal.

"Bukan mustahil bisa menimbulkan luka fisik maupun traumatik buat sang anak," kata Edo kepada KompasOtomotif, beberapa waktu lalu.

Mulai sekarang, jangan lagi membonceng anak dengan posisi seperti itu. Meskipun di bagian belakang ada ibu atau orang lain, tetap saja berbahaya buat diri sendiri dan pengendara lain di sekitarnya.

Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help