TribunManado/

Tajuk Tamu

(Tajuk Tamu) Minahasa Tenggara Menuju Kabupaten Layak Anak

Perhatian terhadap anak belakangan ini semakin ditunjukkan di tengah-tengah ancaman terhadap keberadaan anak

(Tajuk Tamu) Minahasa Tenggara Menuju Kabupaten Layak Anak
ISTIMEWA
Billy Kawuwung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Sebuah pepatah  'Anda memiliki waktu seumur hidup untuk bekerja. Namun anak-anak  hanya memiliki masa kecil sekali saja' seakan menegaskan kepada kita bahwa jangan pernah melewatkan indahnya masa menjadi anak-anak.

Hal ini dibarengi pula dengan pandangan positif bahwa anak merupakan investasi sumber daya dan anak adalah tongkat estafet penerus masa depan bangsa di republik ini.

Perhatian terhadap anak belakangan ini semakin ditunjukkan di tengah-tengah ancaman terhadap keberadaan anak dengan maraknya kekerasan terhadap anak.

Eksploitasi terhadap anak, bahkan beberapa waktu lalu masyarakat Sulawesi Utara dihebohkan dengan seorang siswi Sekolah Dasar di Manado yang di emput orang tak dikenal dan sempat hilang selama beberapa jam dan dengan kesigapan pemerintah berhasil di emukan di kabupaten Minahasa.

Hal ini menambah catatan pentingnya menjaga anak dalam semua aspek pertumbuhannya termasuk dengan kehadiran negara didalamnya untuk melindungi anak.

Salah satunya dengan mendorong perhatian pemerintah daerah untuk menaruh perhatian terhadap anak dengan mencanangkan kabupaten kota layak anak yaitu kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan,program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

Hak anak yang dimaksudkan antara lain: anak berhak atas suatu nama sebagai identitas diri dan status kewarganegaraan, anak berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, spiritual dan sosial serta anak  berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya.

Ada banyak hal sehingga sebuah daerah bisa disebut daerah layak anak baik dari sisi pendidikan, kesehatan maupun dibidang lainnya,sedikit yang dapat dituliskan di sini seperti: Sekolah ramah anak, Puskesmas dengan pelayanan ramah anak

Ada Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) yang bisa dimanfaatkan oleh semua anak dan tidak berbayar, juga keberadaan Forum Anak Kabupaten/Kota, dan penting untuk digaris bawahi semua fasilitas umum dan tempat dimana anak banyak berkumpul harus bebas asap rokok dan tidak ada iklan rokok.

Upaya pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara yang memberikan perhatian kepada anak harus di apresiasi karena pemerintah hadir dan menjalankan amanat Undang-Undang Nomor  35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-undang nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak pada pasal 21  Ayat (4) : Untuk menjamin pemenuhan hak anak dan melaksanakan kebijakan sebagaimana dimaksud  Pemerintah Daerah berkewajiban dan bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan Perlindungan Anak di daerah.

Halaman
1234
Editor: Aldi_Ponge
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help