TribunManado/

KPU Minahasa - Tak Ada KTP Elektronik tak Bisa Memilih

Seluruh camat se Kabupaten Minahasa sambangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa, Kamis (7/12).

KPU Minahasa - Tak Ada KTP Elektronik tak Bisa Memilih
ALPEN MARTINUS
rapat kerja optimalisasi perekaman e-KTP dalam rangka pemutahiran data pemilih. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO- Seluruh camat se Kabupaten Minahasa sambangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa, Kamis (7/12).

Ternyata mereka mengikuti rapat kerja optimalisasi perekaman e-KTP dalam rangka pemutahiran data pemilih.

Selain itu, nampak hadir juga Kepala Disdukcapil Minahasa Riviva Maringka yang menjelaskan data kependudukan termasuk perekaman e-KTP.

"Kami mengoordinasikan keterkaitan antara perekaman e-KTP dan pemutahiran data pemilih," jelas Meidy Y Tinangon ketua KPU Minahasa.

Sebab menurut aturan terbaru PKPU nomor 2 tahun 2017 syarat untuk memilih harus memiliki KTP elektronik.

"Itu yang dikhawatirkan nanti akan menjadi kendala, makanya kami gelar koordinasi untuk optimalkan perekaman dibantu dengan PPK dan PPS," jelas dia.

Sementara itu, Lord Malonda menjelaskan bahwa nantinya warga wajib pilih yang tidak memiliki e KTP atau tidak melakukan perekaman e-KTP tidak akan bisa memilih.

"Makanya kami imbau agar semua wajib KTP dapat melakukan perekaman e-KTP supaya tidak kehilangan hak pilih saat Pilkada nanti," ujarnya.

Ia menjelaskan juga, bahwa sesuai penjelasan dari Disdukcapil Minahasa bahwa sekarang ada mobil perekaman e-KTP yang menjangkau sampai ke pelosok.

"Camat juga bisa menyampaikan pada setiap kesempatan saat menghadiri acara misalnya, supaya warga yang belum miliki e-KTP bisa merekam," jelas dia.

Sebab jika tidak melakukan perekaman atau tidak miliki e-KTP, nama warga tersebut akan dihapus dari daftar pemilih, setelah disinkronkan dengan data Disdukcapil. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help