TribunManado/

Dukung Program Peningkatan PNBP, Polda Awasi Pungli di Bunaken

Peningkatan Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Bunaken perlu banyak pihak yang dilibatkan

Dukung Program Peningkatan PNBP, Polda Awasi Pungli di Bunaken
TRIBUNMANADO/HANDHIKA DAWANGI
Irwasda Polda Sulut Kombes Pol Hotman Simatupang saat memberikan sambutan. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Handhika Dawangi

MANADO, TRIBUN - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) mendukung program peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Bunaken.

"Kita mendukung program pemerintah dalam meningkatkan penerimaan negara baik pusat maupun daerah,"ujar Irwasda Polda Sulut Kombes Pol Hotman Simatupang, Kamis (7/12/2017) pada Sosialisasi Penguatan Efektivitas Pengelolaan Taman Nasional Bunaken di Aula Tribrata Mapolda Sulut.

Lanjut Hotman, untuk peningkatan Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Bunaken perlu banyak pihak yang dilibatkan diantaranya ada dari Dinas Pariwisata, Dinas Pajak, dan Pelaku Bisnis Travel.

"Peningkatan PNBP di Bunaken, caranya yaitu membuat MoU dengan pemerintah daerah dan pihak lainnya. Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh pihak, baik pelaku bisnis, pemerintah daerah, dan juga pengelola taman nasional bunaken, agar mencari format kerjasama yang bagus antara seluruh pihak," ujar dia.

Sehingga kata dia, akan saling menguntungkan dalam rangka memenuhi standar masing-masing. "Semuanya dapat untung, baik masyarakat, Bunaken itu sendiri, maupun pemerintah," ujar dia

Hotman kemudian mengingatkan agar semua pihak yang terlibat harus benar-benar membantu peningkatan PNBP.

"Peningkatan PNBP di lini apapun dalam rangka penghasilan negara, bukan peningkatan penghasilan kantong masing-masing," ujar Ketua Tim Saber Pungli Provinsi Sulut ini.

Ia kemudian menegaskan Tim Saber Pungli terus melakukan pengawasan, jangan sampai ada penyelewengan. "Itu menjadi perhatian tim saber pungli. Kita terus mencari sasaran. Kelola dengan baik PNBP. Kita akan awasi itu," ujar dia.

Ia berharap Bunaken kedepan akan semakin bagus, menjadi tempat wisata domestik maupun internasional juga menjadi satu sumber pemasukan untuk negara.

DR Farianna Prabandari SHut MSi, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken mengatakan pihaknya terus membangun koordinasi untuk kebijakan, program, dan kegiatan untuk mendukung pengelolaan Kawasan Taman Nasional Bunaken khususnya berkaitan dengan manajemen pengunjung dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Saya berharap dengan kegiatan ini terjalin komunikasi lintas sektoral dalam mendukung pengelolaan Taman Nasional Bunaken khususnya dalam upaya mengoptimalkan pelayanan pengunjung dan peningkatan PNBP," ujar dia.

Hadir pada kegiatan itu, Dir Pamobvit Polda Sulut Kombes Pol Yudi Sumartono, Kapolresta Manado Kombes Pol Hisar Siallagan,kapolres lainnya serta jajaran, Dinas Pariwisata Kota Manado, para camat, dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb).

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help