TribunManado/

Ini Dia 8 Sungai Penyumbang Sampah ke Taman Laut Bunaken

Sosialisasi untuk mengangkat kembali pamor dari Bunaken sebagai icon Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (6/12/2017)

Ini Dia 8 Sungai Penyumbang Sampah ke Taman Laut Bunaken
TRIBUNMANADO/HANDHIKA DAWANGI
DR Farianna Prabandari 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sosialisasi untuk mengangkat kembali pamor dari Bunaken sebagai icon Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (6/12/2017) pagi di Gedung Yos Sudarso terungkap sungai-sungai yang menjadi proyeksi sampah ke Bunaken.

Inilah delapan sungai asal sampah di Bunaken. Terbagi atas dua wilayah yaitu sungai yang mengarah ke Wilayah Utara diantaranya Sungai Bailang, Sungai Tondano, Sungai Sario, Sungai Bahu, dan Sungai Malalayang.

Kemudian sungai yang mengarah wilayah Selatan diantaranya sungai Tambala, Sungai Borgo, dan Sungai Ranowangko.

Hal itu dipaparkan DR Farianna Prabandari SHut MSi, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken. Lanjut dia proyeksi asal sampah juga itu berasal dari pemukiman.

"Pemukiman sepanjang bantaran sungai, pasar yang berlokasi pada beberapa sungai, pembuangan sampah pada wilayah pesisir dan pulau yang tidak ada penanganan, dan akumulasi sampah dari daerah lain yang berada di perairan," ujar dia.

Farianna menyampaikan adanya sampah-sampah tersebut berdampak pada beberapa titik tertentu di perairan. Diantaranya yang menjadi favorit penyelaman terdapat sampah (plastik) dan estetika atau keindahan lingkungan sebagai daya tarik wisata menurun.

Sejauh ini, kata dia berbagai pihak belum mampu mengatasi persoalan sampah yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bunaken dan pada kawasan Taman Nasional Bunaken yang berada di administratif Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, dan Minahasa Selatan belum terdapat mitigasi dan penanganan sampah.

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help