Waspada! Supermoon Pada Siklon Dahlia Berpengaruh Pada Gelombang Air Laut, Begini Penjelasan BMKG

Supermoon kali ini bulan akan nampak 7 persen lebih besar dan 16 persen lebih terang dari biasanya.

Waspada! Supermoon Pada Siklon Dahlia Berpengaruh Pada Gelombang Air Laut, Begini Penjelasan BMKG
ScienceAlert
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Puncak kenaikan gelombang air laut diakibatkan jarak bulan dan bumi yang dekat sehingga gaya gravitasi bulan berpengaruh kuat.

Pada bulan desember ini akan kembali terjadi fenomena alam, supermoon yaitu bulan lebih besar dari biasanya.

Supermoon kali ini bulan akan nampak 7 persen lebih besar dan 16 persen lebih terang dari biasanya.

Fenomena ini merupakan yang pertama sekaligus terakhir yang bisa dilihat pada tahun 2017.

Dikutip dari Kompas.com, Rukman Nugraha, peneliti Badan Meteori, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengatakan, pada hari ini (3/12/2017) sekitar pukul 22.46 WIB, bulan akan berada pada fase purnama.

Seninnya (4/12/2017) sekitar pukul 15.45 WIB, jarak bulan terhadap bumi berada pada posisi paling dekat, yakni 357.492 kilometer.

Kompas.com
Kompas.com

“Kedua kondisi ini, yaitu fase purnama saat bulan di perigee (titik orbit bulan yang paling dekat dengan bumi), dikenal sebagai Purnama perigee atau Supermoon,” tulis Rukman pada akun Facebook-nya, Sabtu (2/12/2017).

Supermoon kali ini memang sedikit berbeda dari biasanya karena terjadi pada saat siklon dahlia yang menghampiri wilayah perairan Indonesia.

Siklon tropis dahlia juga berpengaruh terhadap kenaikan tinggi gelombang air laut.

Prakiraan BMKG, saat ini masih terdapat siklon tropis Dahlia di wilayah selatan Jawa Timur, sehingga supermoon ini perlu menjadi kewaspadaan tersendiri di wilayah ini.

Berdasarkan analisis BMKG hari ini pukul 01.00 WIB, siklon tropis Dahlia menyebabkan kenaikan gelombang laut dengan ketinggian 2,5-4 meter di sejumlah kawasan, antara lain di perairan selatan Banten hinga Jawa Barat, perairan selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur, perairan selatan Bali hingga Lombok,

Yang paling besar, gelombang laut dengan ketinggian 4-6 meter terjadi di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Thomas Djamaluddin menjelaskan dampak supermoon dan siklon dahlia yang terjadi berbarengan, fenomena Supermoon akan menambah gaya pasang surut air laut yang berdampak pasang maksimal pada air laut.

Kompas.com
Kompas.com

Lebih buruk lagi ditambah dengan gelombang tinggi akibat cuaca buruk, potensi gelombang pasang (rob) lebih jauh ke daratan sehingga daratan di bibir pantai dihimbau untuk lebih waspada terhadap banjir. (TribunStyle.com/Danissa Dyah)

Editor: Siti Nurjanah
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved