TribunManado/

BPR Kumapan Mulai Salurkan Pembiayaan untuk Pensiunan, Debitur Bisa Berusia hingga 80 Tahun

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kumapan mulai melakukan ekspansi dengan melakukan pembiayaan kepada pensiunan.

BPR Kumapan Mulai Salurkan Pembiayaan untuk Pensiunan, Debitur Bisa Berusia hingga 80 Tahun
NET
Ilustrasi BPR. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kumapan mulai melakukan ekspansi dengan melakukan pembiayaan kepada pensiunan.

"Belum lama ini kami membuka skim kredit untuk para pensiunan. Kredit ini memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin melakukan usaha setelah pensiun," ujar Komisaris Utama BPR Kumapan Samuel Mandagie, Selasa (14/11/2017).

Menurut dia, untuk skim kredit bagi pensiun di banknya bisa melakukan pembiayaan hingga umur 80 tahun. Pemberian kredit tersebut dilakukan untuk para pensiunan yang masih ingin membuka usaha untuk mengembangkan dirinya.

Namun demikian dalam penyaluran kreditnya BPR yang beroperasi di Bitung, selalu melakukan prinsip kehati-hatian. Apalagi penyaluran untuk skim tersebut memiliki risiko cukup besar. Untuk itu kualitas kredit harus tetap terjaga.

Terpisah, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulut Gorontalo dan Maluku Utara, Elyanus Pongsoda mengungkapkan non performin loan (NPL) BPR di Sulut sebesar 11,48 persen. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan ketentuan Bank Indonesia sebesar 5 persen.

"Untuk itu dalam penyaluran kredit harus memperhatikan prinsip pruden, sehingga kredit bisa menjaga kualitas terjaga dengan baik," katanya.

Selain itu, BPR harus terus meningkatkan pelayanan perbankan kepada masyarakat, terutama yang tidak terjangkau bank umum.

"Dengan demikian literasi keuangan akan semakin meningkat di Sulut. Sebab banyak manfaat yang akan diperoleh jika bisa mengakses perbankan," ujar Elyanus.

Penulis: Herviansyah
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help