TribunManado/

Nilai Tukar Petani Sulut pada Oktober Sebesar 94,27 Persen

"Membaiknya NTP disebabkan olehkenaikan harga komoditas yang dihasilkan petani dan penurunan harga barang konsumsi rumah tangga,"

Nilai Tukar Petani Sulut pada Oktober Sebesar 94,27 Persen
tribun manado/herviansyah
BPS Sulut menggelar konferensi pers mengenai Indeks Harga Konsumen (IHK) di Kantor BPS beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Nilai Tukar Petani (NTP) di Sulawesi Utara (Sulut) pada Oktober 2017 naik 1,38 persen dari nilai 92,99 pada September naik menjadi 94,27. Hal ini menunjukan ada peningkatan kesejahteraan para petani.

"Secara umum, membaiknya NTP disebabkan oleh dua hal, yaitu kenaikan harga komoditas yang dihasilkan petani dan penurunan harga barang konsumsi rumah tangga," ujar Kepala Badan Pusat Statistik BPS Sulut Moh Edi Mahmud, Minggu (12/11/2017).

Nilai NTP pada tahun kalender 2017 juga mengalami kenaikan 0,35 persen, namun secara tahun ke tahun (YoY) masih mengalami penurunan 0,29 persen.

Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) pada Oktober 2017 menguat 0,87 persen dibanding bulan sebelumnya; pada September masih 103,06 dan di
Oktober sudah sebesar 103,96.

Di wilayah perdesaan Sulut mengalami deflasi 1,34 persen. Deflasi hanya terjadi pada kelompok pengeluaran bahan makanan. Sedangkan kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau, perumahan, sandang, kesehatan, biaya pendidikan, rekreasi dan olah raga. transportasi komunikasi mengalami inflasi dibawah 1 persen.

Kepala Bidang Distribusi BPS Sulut Mathedy M Tenggehi mengungkapkan NTP tanaman pangan (NTPP) pada Oktober membaik 1,52 persen dibandingkan bulan sebelumnya, dari 90,82 di September menjadi 92,20 di Oktober.

Naiknya harga gabah dan jagung di tingkat petani dan menurunnya harga bahan makanan untuk konsumsi rumah tangga memperbaiki Indeks NTPP disubsektor ini.

Sedangkan untuk NTP Hortikultura (NTPH) di Oktober menguat 1,05 persen dibandingkan bulan sebelumnya, dari 94,76 pada September menjadi 95,75 di Oktober.

Penulis: Herviansyah
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help