TribunManado/

75 Panwascam Minahasa Siap Awasi Tahapan Pilkada Minahasa

Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) mulai melaksanakan tugas mereka setelah dilantik

75 Panwascam Minahasa Siap Awasi Tahapan Pilkada Minahasa
ISTIMEWA
Pelantikan Panwascam Minahasa 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID,TONDANO - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) mulai melaksanakan tugas mereka setelah dilantik, oleh Ketua Panwaslu Minahasa, di gedung SMK 1 Tondano, Sabtu (11/11) sore.

Pelantikan 75 Panwascam tersebut disaksikan oleh ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda dan Mustarin Humagi, Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Jubert Purnama, Jorry Gumasing Kaban Kesbangpol Minahasa, dan anggota Panwaslu Minahasa.

Panwas mengawali pelantikan dengan mengucapkan sumpah atau janji, dilanjutkan dengan penandatanganan SK, setelah itu semua serentak membacakan pakta integritas yang kemudian ditandatangani bersama," jelasnya.

Donny Rumagit Ketua Panwaslu Minahasa menjelaskan, amanat UUD sebagai dasar memberikan kewenangan lebih besar kepada Bawaslu.

Ada beberapa poin yang diberikan kepada Bawaslu di antaranya pencegahan pelanggaran, penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Pilkada.

"Panwaslu juga bisa diskualifikasi calon jika ditemukan pelanggaran," jelasnya. Ia menjelaskan, kewenangan tersebut merupakan tanggungjawab besar yang diemban.

"Untuk itu kami sangat berharap kepada Para agar Profesional dalam bekerja melakukan pengawasan, dan tegakkan keadilan," jelasnya.

Sebab harapan masyarakat sangat besar untuk wujudkan Pilkada lebih berkualitas dan berintegritas.

Ia juga berterimakasih karena dukungan Pemkab Minahasa berupa fasilitas tiga PNS yang diperbantukan di sekretariat, dana hibah sebesar Rp 12,9 miliar, kantor, juga kendaraan dinas.

Sementara itu, Jorry Gumansin mengatakan jabatan tersebut merupakan satu kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat.

"Laksanakan sesuai dengan amanat yang ada, sebab semua sudah melewati beberapa proses penjaringan, dan ketika terpilih menjadi satu kebanggaan," jelasnya.

Ia menjelaskan, tugas tersebut tantangan karena kedepan akan menghadapi Pilkada."Pengawasan menjadi tugas utama dan tugas pokok sebagai Panwas, baik dalam proses pendaftaran, pemilihan perhitungan, bahkan Kampanye," jelasnya.

Ia meminta Panwascam dapat melakoni tugas untuk kemajuan Minahasa kedepan."Mari sukseskan Pilkada Minahasa kedepan," ujarnya. 

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help