Pilkada Minahasa 2018 - Bakal Calon Perseorangan Bisa Persiapan Berkas

Warga Minahasa yang hendak mencalonkan diri sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa 2018

Pilkada Minahasa 2018 - Bakal Calon Perseorangan Bisa Persiapan Berkas
ALPENMARTINUS
Meidy Tinangon ketua KPU Minahasa. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Warga Minahasa yang hendak mencalonkan diri sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa 2018 melalui jalur perseorangan diharapkan sudah bisa mempersiapkan berkas dukungan.

Meidy Tinangon, Ketua KPU Minahasa menjelaskan bahwa untuk mencalonkan diri melalui jalur perseorangan harus menyerahkan minimal dukungan sebanyak 23.652 dan tersebar di minimal sesuai dengan KPU Minahasa Nomor 56/PP.02 3 Kpt/7102 KPU-Kab/lX/20l7 tentang Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Pemilihan Terakhir sebagai Dasar Penghitungan Syarat Dukungan Pasangan Calon Perseorangan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Tahun 2018 yang diubah dengan Surat Keputusan Komisi Pemdihan Umum Kabupaten Minahasa Nomor: 89/PP.02.3Kpt/7lO2/Xl/2OI7 dengan ketentuan sebagai berikut.

Ia menjelaskan, syarat yang harus dimasukkan di antaranya surat pernyataan dukungan dengan menggunakan formulir model B.lKWK lerseorangan atau Model B.l-KWK Peraeorangan (Kolektif) yang dikelompokkan dalam satuan Wilayah Desa/Kelurahan.

Selain itu, dukungan pada angka satu harus dibukukan dengan melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El atau surat keterangan untuk masing-masing pendukung yang diterbitkan oleh Disdukcapil setempat yang menerangkan bahwa penduduk tersebut berdomisili di wilayah administratif Kabupaten Minahasa, dan tercantum dalam daftar pemilih tetap pada Pemilu atau Pemilihan Terakhir atau Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

Calon juga diminta untuk melampirkan dokumen dukungan dikelompokkan dalam satuan wilayah Desa dan Kelurahan dalam satu Kecamatan disusun berurutan berdasarkan daftar nama sesuai dengan formal Model B.l-KWK Perseorangan.

Bakal pasangan calon perseorangan menyusun rekapitulasi jumlah dukungan dengan menggunakan Formulir Model B 2-KWK perseorangan untuk setiap Desa, Kelurahan, dan Kecamatan untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Tahun 2018 yang ditandatangani bakal pasangan calon dan bermaterai cukup.

Syarat lain yang harus dipenuhi yaitu dokumen dukungan bakal pasangan calon perseorangan diserahkan dalam bentuk softcopy sesuai format yang telah disediakan dan sudah diunggah pada sistem informasi pencalonan/ SIIDN dan hardcopy yang terdiri dari tiga rangkap, yaitu satu dokumen asli untuk KPU Kabupaten Minahasa untuk melakukan verifikasi terhadap jumlah minimal dukungan bakal pasangan calon yang selanjutnya diserahkan kepada PPS melalui PPK untuk dilakukan verifikasi faktual, juga dokumen salinan untuk Arsip KPU Kabupaten Minahasa, dan dokumen salinan untuk arsip bakal pasangan calon setelah memperoleh pengesahan KPU Kabupaten Minahasa dengan membubuhkan parai dan cap basah.

"Jika sudah lengkap bisa dimasukkan mulai tanggal 25-29 November pada jam kantor," jelas Tinangon.

Berkas dukungan bisa dimasukkan di kantor KPU Minahasa.

"Namun sebelum memasukkan berkas, bakal pasangan calon harus menyampaikan daftar tim penghubung kepada KPU Kabupaten Minahasa pada tanggal 9-22 November 2017," jelas dia.

Bakal pasangan calon perseorangan atau tim penghubung memberitahukan waktu penyerahan dokumen dukungan persyaratan pencalonan kepada KPU Minahasa, paling lambat satu hari sebelum penyerahan dokumen dukungan.

"Tim penghubung bakal pasangan calon perseorangan diwajibkan mengambil username dan password SlLON paling lambat tanggal 22 November 2017 di Kantor KPU Kabupaten Minahasa," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa formulir model B.l-KWK perseorangan, model B.l-KWK perseorangan kolektif, dan Model B.2-KWK perseorangan dapat diperoleh di kantor KPU Minahasa atau dapat diunduh pada laman KPU Rl http://www.kpu.go.id pada menu pencalonan, dan laman KPU Minahasa

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved