TribunManado/

PDAM Minahasa Pakai Air Olahan dari Danau Tondano

"Kami imbangi dengan upaya untuk terus memperbaiki semua fasilitasnya secara perlahan," jelasnya.

PDAM Minahasa Pakai Air Olahan dari Danau Tondano
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Danau Tondano jadi sumber air bersih 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Minahasa terus berbenah untuk memberikan pelayanan air maksimal kepada masyarakat.

Termasuk dengan upaya penambahan sumber air.

"Sekarang kita sementara mengerjakan untuk instalasi pengolahan air (IPA) di Tokapokol yang airnya bersumber dari Danau Tondano dan jika sudah jadi akan menghasilkan 40 liter per detik, juga di Tondano Utara yang akan menghasilkan. 20 liter per detik, kami targetkan akhir November sudah uji coba, supaya Desember sudah bisa operasi," jelas Denny Tangkere Kabag Umum PDAM Minahasa, Kamis (9/11/).

Ia menjelaskan, ada juga beberapa IPA yang sudah diusulkan untuk perbaikan dan sudah mendapat persetujuan dari Satker Provinsi, yaitu IPA Leilem, Mandolang, dan Kanonang.

"Masing-masing IPA tersebut menghasilkan 20 liter air per detik," jelasnya.

Ia menjelaskan, PDAM Minahasa menyalurkan dua jenis air ke masyarakat, ada yang bersumber langsung dari mata air tanpa proses pengolahan dan ada jenis air olahan yang disebut IPA.

Untuk air tanpa proses pengolahan yang langsung disalurkan ke masyarakat bersumber dari mata air Uluna, Lewet, Kinali, dan Noongan.

"Kalau air olahan itu biasa sumbernya dari sungai dan Danau Tondano," jelasnya.

Air olahan yang disalurkan ke rumah warga berasal dari IPA Makalonsow, IPA Tonsukun, IPA Danau Tondano, IPA DAS Tondano, IPA Kawangkoan, dan IPA Kinali.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help