TribunManado/

1671 Calon PPS Minahasa Adu Nasib Ikut Seleksi Tertulis

Sebelum melakukan tes, Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon menyampaikan kepada peserta di gedung Wale Ne Tou agar mengerjakan soal sebaik mungkin.

1671 Calon PPS Minahasa Adu Nasib Ikut Seleksi Tertulis
TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Ada 1558 orang saat ini sementara berjibaku dengan 50 soal tes calon panitia pemungutan suara (PPS), Rabu (8/11). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TONDANO, TRIBUN - Ada 1671 orang saat ini sementara berjibaku dengan 50 soal tes calon panitia pemungutan suara (PPS), Rabu (8/11).

Ada beberapa tempat yang dijadikan lokasi pelaksanaan di antaranya Kantor Camat Tombulu khusus calon yang berada di wilayah Kecamatan Tombulu, Aula Katolik Desa Koha Barat peserta dari Kecamatan Pineleng dan Mandolang, SD GMIM Lemo peserta dari Tombariri dan Tombariri Timur, peserta dari wilayah dapil 2 dan 3 meliputi Tondano dan sekitarnya di Wale Ne Tou, SLA Tompaso Langowan raya dan Tompaso, dan wilayah 5 di Stadion Kawangkoan yaitu Tompaso Barat, Kawangkoan Raya dan Sonder.

Sebelum melakukan tes, Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon menyampaikan kepada peserta di gedung Wale Ne Tou agar mengerjakan soal sebaik mungkin.

"Kami berharap agar peserta dapat mengisi soal dengan baik, sebab kami mencari PPS yang berkualitas," jelas dia.

Ia juga mengingatkan agar peserta yang merupakan pengurus partai atau anggota partai diminta untuk mengundurkan diri."Daripada buang-buang waktu, lebih baik mundur dari sekarang," jelasnya.

Setelah itu soal dibagikan oleh PPK yang menjadi penanggungjawab di tiap kecamatan untuk kemudian membagikannya. Semuanya adalah pilihan ganda.

Beberapa materi soal di antaranya mengenai pengetahuan tentang tugas dan tanggungjawab PPS, soal pemutahiran data, perhitungan, cara kerja PPS, dan beberapa hal terkait Pilkada.

Nanti dari setiap desa akan diambil enam orang yang kemudian akan diseleksi lagi menjadi tiga orang dalam tes wawancara.

Setelah itu dijadwalkan akan dilantik pada 11 November mendatang. Setelah dilantik mereka akan bertugas untuk menata organisasi, membuat sekretaris, melakukan verifikasi dukungan calon perseorangan, dan beberapa hal lain.

Saat tes nampak ada saja tingkah yang peserta lakukan, ada yang berdiskusi, ada yang angkat kaki di bangku, ada yang saling tanya jawaban, meski mereka diawasi oleh PPK.

Satu jam waktu yang diberikan kepada peserta, namun sepertinya hanya 30 menit saja sudah ada yang selesai. Lembar jawaban pilihan ganda yang sudah selesai dikerjakan dikumpulkan oleh PPK dan kemudian diperiksa bersama oleh peserta.

Pengumuman enam besar akan diumumkan pada Kamis pukul 09.00 WITA di kantor PPK masing-masing, dan akan langsung wawancara.

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help