TribunManado/

Citizen Journalism

(Citizen Journalism) Seminar Nasional Masyarakat Pengolah Hasil Perikanan

Masyarakat Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia menggelar Seminar Nasional dan Pertemuan Ilmiah IX

(Citizen Journalism) Seminar Nasional Masyarakat Pengolah Hasil Perikanan

Laporan Citizen Journalism Albert R Reo

TRIBUNMANADO.CO.ID - Masyarakat Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia (MPHPI) menggelar Seminar Nasional dan Pertemuan Ilmiah IX, pada 2 hingga 3 November 2017 di Gedung Coral Triangel Inisiative(CTI).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado Prof Dr Ellen Joan Kumaat MSc DEA dan dihadiri Ketua Umum MPHPI Prof Dr Hari Eko Irianto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut Ir Ronald Sorongan MSi, Innes Rahmania Direktur Pengolahan dan Bina Mutu Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, serta Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Sam Ratulangi Manado Prof Dr Grevo Soleman Gerung MSc sebagai keynote speaker.

Pada kegiatan pembukaan juga hadir Sekertaris Eksekutif CTI Bapak Lukman dan pimpinan FPIK Unsrat, serta peserta sebanyak 200 orang yang terdiri dari mahasiswa S1, S2 dan S3.

Hadir juga dosen-dosen dari beberapa perguruan tinggi di Sulawesi Utara, seperti Politeknik Nusa Utara (Polnutstar) yang dipimpin Prof Dr Frans Gruber Ijong.

Para peserta mempresentasikan hasil penelitian yang dibagi dalam 3 kelompok, masing-masing kelompok A preservasi, pengolahan dan pengembangan produk Perikanan.

Kelompok B berkaitan dengan Bioteknologi Kelautan dan Pasca Panen Perikanan, serta Kelompok C soal Mutu dan Keamanan Pangan.

Dalam seminar, ada juga pameran produk Hasil perikanan dan Poster dari beberapa perguruan Tinggi di Indonesia.

Pada 3 November 2017, dilanjutkan dengan field trip ke Taman Nasional Bunakan dan pada sore harinya digelar kunjungan ke Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kegiatan Seminar Nasional dan Pertemuan ilmiah dan pameran produk inovasi Perikanan dan Kelautan sangat penting dilaksanakan, sebab dapat menjadi ajang bagi para peneliti, perekayasa, akademi, praktisi, penentu kebijakan dan mahasiswa untuk bertukar informasi hasil inovasi dan perkembangan teknologi.

Panitia yang dipimpin Prof Sigfried Berhimpong MAPPSc sangat bersyukur dengan suksesnya kegiatan tersebut.

Sebab, diharapkan mampu membangun dan mengoptimalkan penyebaran informasi serta difusi teknologi pasca panen pengolahan hasil perikanan dalam rangka mendukung pemenuhan p┼Ľotein masyarakat dan meningkatkan eksport dalam menghadapi persaingan global terutama dalam menghadapi masyarakat èkonomi ASEAN.

Adapun tema kegiatan seminar, yakni Inovasi melalui Teecno Industrial hasil Perikanan untuk meningkatkan Mutu, nilai tambah dan daya saing produk menuju ekonomi berkelanjutan.

Editor: Aldi_Ponge
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help