TribunManado/

Pantai Aer Belanda, Surga Tersembunyi di Bolmut

Perbukitan itu bisa dipandang dari bebatuan yang cocok menjadi tempat swafoto.

Pantai Aer Belanda, Surga Tersembunyi di Bolmut
TRIBUNMANADO/DAVID MANEWUS
Pantai Aer Belanda 

Laporan wartawan Tribun Manado David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO -   Belum terbukanya jalan aspal sampai ke pantai dari Desa Inomunga membuat banyak wisatawan belum mengetahui bahwa Bolaang Mongondow Utara memiliki pantai yang indah dan nyaris belum tersentuh tangan-tangan jahil banyak orang.

Pantai itu dinamakan Pantai Aer Belanda.

Di samping kiri pantai, tampak perbukitan dengan pohon yang masih menghijau. Perbukitan itu bisa dipandang dari bebatuan yang cocok menjadi tempat swafoto.

Warna pasir cokelat bersih. Sementara air pantainya kelihatan sangat bersih. Warna biru terlihat di air walau dari jarak dekat. Sinar matahari kadang tampak memantul di permukaan air.

Jika memandang jauh ke depan, tampak gugusan pulau. Di bagian kanan tampak pepohonan hijau Mangrove menuju ke muara sungai. Sementara pepohonan masih rimbun di sekitar pantai memberikan kesejukan. Jika berjalan kaki melewati tebing, anda akan menemukan mata air "Aer Belanda" yang tidak asin walaupun berdekatan dengan air laut.

Di dekat garis pantai terdapat tanah landai. Beberapa pondok petani ada di situ. Tempat itu bisa dijadikan tempat berkemah.

Pantai "Aer Belanda" terletak di Desa Inomunga. Dari Boroko, ibu kota Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, pantai itu bisa ditempuh dalam waktu setengah jam menggunakan sepeda motor.

Dari depan kantor desa Inomunga terdapat 4 km lagi menuju ke pantai. Dua kilometer sudah diaspal pemerintah.

Seperti kebanyakan tempat wisata lain di Bolmut, pantai ini masih gratis.

Halaman
12
Penulis: David_Manewus
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help